Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember)

puspitasari, irma ayu (2020) Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (792kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
J. JURNAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT Indoroti Prima Cemerlang cabang Jember merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam roti. Tingginya persaingan pada produk roti membuat perusahaan harus meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaannya agar mampu bertahan pada pasar persaingan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai produk roti pada PT Indoroti Prima Cemerlang cabang Jember yang menggambarkan cara untuk memandang suatu perusahaan sebagai rantai aktivitas yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan rantai nilai pada PT Indoroti Prima Cemerlang terdiri dari 3 segmen yaitu segmen upstream yang meliputi supplier bahan baku utama dan penunjang, segmen midstream yang terdapat proses-proses penambahan nilai, dan yang terakhir yaitu segmen downstream yang merupakan keseluruhan kegiatan yang melibatkan pengiriman produk kepada konsumen akhir. Pelaku utama dalam rantai nilai ini terdiri dari Supplier, Perusahaan, Wholesaller, Retailer. Pada analisis nilai tmbah yang dilakukan pada proses produksi roti tawar perusahaan menunjukkan nilai tambah yang didapat yaitu sebesar 2.771,3, oleh sebab itu maka perusahaan dapat menurunkan lagi harga produk rotinya agar dapat memberikan nilai tambah bagi konsumen. Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1)
Depositing User: puspitasari Irma ayu
Date Deposited: 05 May 2020 03:54
Last Modified: 05 May 2020 03:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4196

Actions (login required)

View Item View Item