Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember)
puspitasari, irma ayu (2020) Analisis Rantai Nilai (Value Chain Analysis) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
C. BAB I.pdf Download (792kB) |
![]() |
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) | Request a copy |
![]() |
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
I. LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
J. JURNAL.pdf Download (1MB) |
Abstract
PT Indoroti Prima Cemerlang cabang Jember merupakan perusahaan yang
memproduksi berbagai macam roti. Tingginya persaingan pada produk roti membuat
perusahaan harus meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaannya agar mampu
bertahan pada pasar persaingan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
rantai nilai produk roti pada PT Indoroti Prima Cemerlang cabang Jember yang
menggambarkan cara untuk memandang suatu perusahaan sebagai rantai aktivitas
yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan rantai nilai pada PT Indoroti Prima Cemerlang
terdiri dari 3 segmen yaitu segmen upstream yang meliputi supplier bahan baku utama
dan penunjang, segmen midstream yang terdapat proses-proses penambahan nilai, dan
yang terakhir yaitu segmen downstream yang merupakan keseluruhan kegiatan yang
melibatkan pengiriman produk kepada konsumen akhir. Pelaku utama dalam rantai
nilai ini terdiri dari Supplier, Perusahaan, Wholesaller, Retailer. Pada analisis nilai
tmbah yang dilakukan pada proses produksi roti tawar perusahaan menunjukkan nilai
tambah yang didapat yaitu sebesar 2.771,3, oleh sebab itu maka perusahaan dapat
menurunkan lagi harga produk rotinya agar dapat memberikan nilai tambah bagi
konsumen.
Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif
ContributionContributor NameNIDN/NIDKDosen PembimbingSusbiyani, Ariknidn0728117101Dosen PembimbingFitriya, Eloknidn0705108404
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif |
Subjects: | 300 Social Science > 330 Economics > 338 Production, Industrial Economics |
Divisions: | Faculty of Economics > Department of Accounting (S1) |
Depositing User: | puspitasari Irma ayu | sasasisi125@gmail.com |
Date Deposited: | 05 May 2020 03:54 |
Last Modified: | 05 May 2020 03:54 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |