Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang listed di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 dan 2015)

Faradis, Diah Wahidatul (2016) Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang listed di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014 dan 2015). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal-Diah-Wahidatul-Faradis.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

Pasar modal merupakan sarana dimana sekuritas-sekuritas jangka panjang yang diperdagangkan. Di pasar modal, perusahaan mendapatkan dana yang relatif murah, karena perusahaan tidak perlu membayar biaya modal atau biaya modal dapat ditekan.Saham adalah surat berharga sebagai bukti penyertan atau kepemilikan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahan atau perseroan terbatas. Banyak faktor yang mempengaruhi harga saham salah satunya adalah profitabilitas antara lain return on asset (ROA), return on equity (ROE),operating profit margin (OPM) dan net profit margin (NPM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh return on asset (ROA), return on equity (ROE),operating profit margin (OPM) dan net profit margin (NPM) terhadap harga saham.Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Property dan Real Estate yang Listed di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang didapatkan adalah 40 perusahan.Jenis data adalah data kuantitatif. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Hasil analisis uji t secara parsial bahwa return on asset (ROA) dan net profit margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham.sedangkan return on equity (ROE) dan operating profit margin (OPM) berpengaruh signifikan terhadap harga saham.

Item Type: Article
Additional Information: Diah Wahidatul Faradis (1210421005)
Uncontrolled Keywords: ROA, ROE, OPM, NPM, Harga Saham
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 29 Mar 2018 02:11
Last Modified: 29 Mar 2018 02:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item View Item