Pembuatan Alat Pencatat Arus 3 Phase Menggunakan Sensor Ac Non Invasive Berbasis Arduino Mega 2560

Adi Saputra, Yuyut (2017) Pembuatan Alat Pencatat Arus 3 Phase Menggunakan Sensor Ac Non Invasive Berbasis Arduino Mega 2560. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
PEMBUATAN ALAT PENCATAT ARUS 3 PHASE MENGGUNAKAN SENSOR AC NON INVASIVE BERBASIS ARDUINO MEGA 2560.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem listrik bolak-balik 3 phase merupakan gabungan dari 3 buah sistem 1 phase yang sedemikian rupa sehingga diperoleh sistem 3 phase seimbang. Rangkaian listrik 3 Phase yang masing-masing phase berbeda 1200 listrik..Ketiga GGL ini dibangkitkan dalam tiga pasang kumparan jangkar yang terpisah dalam generator AC, Tiga pasang kumparan ini dipasang terpisah 1200 listrik pada jangkar generator. Pada setiap phase memiliki arus masing-masing dengan besar yang berbeda. Alat untuk menentukan besarnya arus menggunakan amperemeter. Amperemeter terdiri dari 2 macam yaitu amperemeter analog dan amperemeter digital. Untuk mengukur besar arus listrik pada rangkaian, rangkaian amperemeter disusun secara seri dengan kawat penghantar, dimana untuk melambangkan ampere meter digunakan simbol A pada skala. Setiap amperemeter mampu mendeteksi arus kecil yang melaluinya, serta memiliki hambatan yang sangat kecil sehingga hanya sedikit perubahan yang terjadi pada arus yang diukur. Namun memiliki kekurangan yaitu hanya dapat mengukur kuat arus sampai batas tertentu dan tidak dapat menyimpan data arus yang telah diukur. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini penulis merancang sebuah alat yang dapat mencatat dan menyimpan data arus yang terbaca menggunakan sensor AC non invasive yang berbasis arduino mega 2560. Penulisan dimulai dengan menganilis dan melakukan perancangan sistem baik hardware maupun software, kemudian dilanjutkan dengan melakukan coding pemrograman menggunakan program aduino IDE 1.8.3. serta melakukan pengujian pengambilan data arus 3 phase RST secara terpisah. Pengujian alat ini dilakukan pada gedung B dan C di lantai 2 UNMUH Jember, Pengujian alat ini dilakukan selama satu minggu dengan pengambilan data persepuluh menit dan menyimpan data arus juga persepuluh menit, pengambilan data dilakukan 1440 kali dalam bentuk normal dilakukan pada gedung B dan C di lantai 2 UNMUH Jember, pengujian alat ini dilakukan selama satu minggu dengan pengambilan data persepuluh menit dan menyimpan data arus juga persepuluh menit, pengambilan data dilakukan 1440 kali dalam waktu normal. Data disimpan dalam bentuk format text pada notepad. Sehingga didapatkan rata-rata arus RST pada masing-masing edung yaitu Rata-Rata Arus 3 phase RST per minggu pada gedung C untuk arus R: 3.54A, S: 3.8A, T: 1.54 dan Rata-Rata Arus 3 phase RST per minggu pada gedung B untuk arus R: 3.04A, S 1.8A, T 6.24A. Rata-Rata perminggu didapatkan dari perhitungan rata-rata perhari pada phase RST di Gedung B dan C.

Item Type: Article
Additional Information: Yuyut Adi Saputra (1210621004)
Uncontrolled Keywords: Arus 3 Phase, Sensor non invasive, Amperemeter, arduino Mega 2560
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 621 Applied Physics
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electronics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 10 Jul 2018 01:43
Last Modified: 10 Jul 2018 01:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item