Deteksi Gizi Buruk pada Batita (Bayi di Bawah Tiga Tahun) Menggunakan Metode Fuzzy Logic (Studi Kasus : Desa Panji Lor Situbondo)

Rudianto, Agus (2016) Deteksi Gizi Buruk pada Batita (Bayi di Bawah Tiga Tahun) Menggunakan Metode Fuzzy Logic (Studi Kasus : Desa Panji Lor Situbondo). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (521kB) | Preview

Abstract

Masa BATITA (Bayi dibawah Tiga Tahun) sangat penting terhadap pola gizi seimbang karena faktor pertumbuhan dan perkembangan serta kecerdasannya dipengaruhi oleh gizi. Seringkali orang tua menganggap status gizi pada anaknya baik tanpa memeriksakan kepada yang ahli, pada akhirnya BATITA (Bayi dibawah Tiga Tahun) mengalami status gizi buruk dan keterlambatan penanganan. Dengan latar belakang kasus yang ada, deteksi status gizi anak cukup diperlukan. Dalam tulisan ini dibuat aplikasi untuk memberikan solusi membantu mendiagnosa (mendeteksi) status gizi anak terutama dalam mendeteksi status gizi buruk pada anak usia dibawah tiga tahun dengan menerapkan metode Fuzzy Logic sebagai sarana dalam memberikan diagnosa berupa informasi keputusan. Hasil perhitungan dataset dengan metode Fuzzy Logic didapatkan hasil Accuracy 92%, Precision sebesar 92%, dan Recall 100% dari 14 dataset, hal ini menunjukkan bahwa dari nilai tersebut tingkat klasifikasi dari data dalam pengelompokkannya belum optimal, karena terdapat data yang terklasifikasi benar masuk ke klasifikasi salah dan data terklasifikasi salah masuk ke klasifikasi benar.

Item Type: Article
Additional Information: Agus Rudianto (1210651234)
Uncontrolled Keywords: BATITA, Fuzzy Logic
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:43
Last Modified: 13 Jul 2018 01:43
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/443

Actions (login required)

View Item View Item