Identifikasi Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 2 Jember Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier

Afandi, Ahmad (2016) Identifikasi Masalah Belajar Siswa SMK Negeri 2 Jember Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk membantu kinerja Guru BK dalam mengidentifikasi permasalahan dan kebutuhan layanan siswa agar mendapatkan data permasalahan secara cepat dan akurat. Dalam penelitian ini digunakan metode Naive Bayes Classifier untuk menentukan layanan yang tepat untuk penanganan masalah siswa berdasarkan buku Instrumen IKMS. Berdasarkan instrumen IKMS, ada sembilan macam pelayanan yang akan diberikan kepada siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi berdasarkan dari kuesioner yang diberikan kepada siswa. Dalam penelitian ini menggunakan data 60 orang siswa yang didapat secara acak. Dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier didapatkan akurasi perhitungan sebesar 98,33%. Dari hasil penelitian ini diambil kesimpulan bahwa metode Naive Bayes Classifier efektif digunakan untuk membantu mengidentifikasi masalah belajar siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Ahmad Afandi (1110652018)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Sistem Pendukung Keputusan, Naive Bayes Classifier, Masalah Belajar
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 13 Jul 2018 02:18
Last Modified: 13 Jul 2018 02:18
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item