Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah 100 cc

Imam, Mi Rojin Noviahari (2020) Pengaruh Ukuran Katup Terhadap Torsi Dan Daya Pada Sepeda Motor 4 Langkah 100 cc. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (506kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)
[img] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
JURNAL-dikonversi.pdf

Download (415kB)
[img] Text
Abstrak-dikonversi.pdf

Download (58kB)
[img] Text
Lampiran dikonversi.pdf

Download (380kB)

Abstract

Seiring berkembangnya modifikasi tentang Cylinder head, masih banyak efisiensi volumetris dan termal yang kurang maksimal. Hal ini menyebabkan kurangnya tenaga pada kendaraan bermotor, sehingga dapat menyebabkan ketidak efisienan saat kendaran melaju. Penelitian kali ini memfokuskan dalam memodifikasi katup pada cylinder head, dimana dapat mengharapkan hasil sesuai yang di inginkan oleh penulis, pembaca, serta sebagai data untuk modifikasi mesin 4 langkah. Katup adalah salah satu komponen penting dalam cylinder hread yang berfungsi sebagai pembuka dan penutup saluran bahan bakar dan udara, untuk selanjutnya masuk pada ruang bakar. Ukuran diameter katup ini dilakukan perbandingan antara standart dan variasi yaitu (in 21) dan (ex 19) diameter katup standard. Sedangkan untuk katup variasi (in 24) dan (ex 21). Penelitian ini telah mendaapat suatu hasil dari performa unjuk kerja, dimana ada hasil nilai daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar, dengan nilai tertinggi pada putaran mesin 7000 rpm dengan daya yang dihasilkan katup variasi peneliti yaitu (6,0 HP) dan terendah pada putaran mesin 4000 rpm dengan daya (3,3 HP). Data torsi terhadap putaran mesin pada penggunaan cylinder head katup standart dan cylinder head katup variasi diperoleh nilai torsi tertinggi dan terendah. Untuk nilai tertinggi terdapat pada cylinder head katup variasi sebesar (5,98 N.m) pada putaran mesin 7000 rpm, dan nilai terendahnya (5,05 N.m) pada putaran 8000 rpm. Sedangkan untuk nilai konsumsi bahan bakar tertinggi terdapat pada cylinder head katup variasi sebesar (1,63 L/H) pada putaran mesin 7000 rpm, dan nilai terendahnya (0,75 L/H) pada putaran 4000 rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Imam Mi Rojin Noviahari
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:38
Last Modified: 29 Jun 2020 03:39
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4466

Actions (login required)

View Item View Item