Analisa Keamanan Informasi pada Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Teknik Web Application Firewall Modsecurity

Alamsyah, Albi (2016) Analisa Keamanan Informasi pada Aplikasi Berbasis Web Menggunakan Teknik Web Application Firewall Modsecurity. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview

Abstract

Perkembangan internet mengubah dampak bagi kehidupan masyarakat segala seuatu informasi cepat terselesaikan. Danpak adanya perkermbangan internet berdampak pula pada perkembangan dunia penyerangan/ hecker pada sistem informasi/ website yang merupakan hasil dari perkembangan internet, terdapat banyak website menjadi korban penyerangan oleh hecker/peretes. Oleh karena itu soal keamanan informasi menjadi topik dalam dunia teknologi informasi Terkait celah keamaman pada aplikasi web, biasanya celah tersebut muncul karena adanya bug atau kesalahan pemrograman yang lupa untuk diatasi oleh pemrogram. Misalkan lupa untuk melakukan filter suatu masukan, sehingga jika memasukkan karakter-karakter berbahaya seperti tanda petik(‘) akan mengakibatkan kesalahan dan munculnya sebuah error pada halaman web dan biasanya, hal tersebut dimanfaatkan oleh peretas untuk mencoba mendapatkan informasi dari error tadi. Oleh karena itu dilakukan pendeteksian dan pengamanan serangan web, pada penelitian ini akan dibangun sistem untuk mendeteksi serengan-serangan terhadap web serangan-serangan tersebut adalah Cross-Site Scripting (XSS), SQL Injection dan Remote File Inclusion (RFI) Metode pendeteksian terhadap serangan tersebut menggunakan Web Application Firewall dan Modsecurity. Walaupun nilai dari sebuah keamanan tidak ada yang mutlak, harapannya dengan sistem yang akan dibangun nantinya dapat mengurangi peluang seorang peretas untuk dapat meretas aplikasi web.

Item Type: Article
Additional Information: Albi Alamsyah (1210651199)
Uncontrolled Keywords: hecker, -Site Scripting (XSS), SQL Injection dan Remote File Inclusion (RFI), Web Application Firewall dan Modsecurity
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 16 Jul 2018 01:06
Last Modified: 16 Jul 2018 01:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item