(Peer Review + Similarity + Document) Studi Alternatif Konstruksi Jalan Menggunakan Konstruksi Timbunan dengan Tanah Dasar Diperbaiki Menggunakan Kombinasi Preloading dan Prefabricated Vertical Drain
Alihudien, Arief (2018) (Peer Review + Similarity + Document) Studi Alternatif Konstruksi Jalan Menggunakan Konstruksi Timbunan dengan Tanah Dasar Diperbaiki Menggunakan Kombinasi Preloading dan Prefabricated Vertical Drain. Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
4. Studi Alternatif.pdf Download (654kB) |
![]() |
Text
4 Peer Review Studi Alternatif Konstruksi238.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
4. Plagiasi STUDI ALTERNATIF KONSTRUKSI JALAN MENGGUNAKAN KONSTRUKSI TIMBUNAN DENGAN TANAH.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupaya membangun jaringan jalan baru berupa Jalan
Lingkar Luar Barat Surabaya (JLLB) yang memiliki panjang ± 19,8 km dengan lebar 55 meter.
Diharapkan untuk memecah kemacetan di pusat kota Surabaya dalam rangka memfasilitasi
akses penduduk dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kondisi tanah di lokasi ini adalah
tanah lempung lunak yang mencapai kedalaman 21 meter, Tanah lunak itu sendiri memiliki
sifat yang tidak menguntungkan secara teknis untuk mendukung pekerjaan konstruksi. Secara
umum tanah lunak memiliki kapasitansi rendah, permeabilitas rendah dan kompresibilitas
tinggi menyebabkan tanah ini mengalami penurunan yang sangat besar dan membutuhkan
waktu yang lama. Salah satu alternatif perbaikan tanah untuk mengatasi masalah ini adalah
kombinasi metode preloading dengan drain vertikal yang dibuat sebelumnya. Metode ini
dilakukan dengan membebani tanah dengan beban awal lebih besar dari atau sama dengan
beban bangunan yang direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk mempercepat proses
konsolidasi tanah untuk meningkatkan daya dukung tanah sehingga pembangunan jalan
menggunakan timbunan dapat dilakukan dan menganalisis efisiensi rencana anggaran.
Berdasarkan hasil analisis untuk mencapai ketinggian timbunan akhir 4,949 m, Hinitial
diperlukan untuk 6,78 m dengan total penurunan tanah 1,81 m, sebelum periode konsolidasi
100 tahun yang sangat panjang. Sehingga direncanakan menggunakan PVD dengan pola
17
segitiga, jarak antara PVD 1 meter dengan panjang 12 meter yang mampu mempercepat waktu
konsolidasi lahan sebesar U 90% dengan waktu akhir proses kompresi 7,5 minggu . Karena
Hplan> Hcr membutuhkan penimbunan secara bertahap (Stepped Preloading) dengan
peningkatan daya dukung 9.996 t / m2 memberikan angka keamanan 1,65> 1,4 yang diizinkan.
Total biaya konstruksi yang dibutuhkan adalah Rp. 1.124.286.000,00.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Novan Agung | novanagung8@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 02:19 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 02:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4473 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |