TATA KELOLA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG
Irianti, Vita (2018) TATA KELOLA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
TATA KELOLA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJAN.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
halaman judul, kata pengantar, daftar isi lengkap.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
bab 1, bab 2, bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang merupakan
suatu instansi yang memberikan pelayanan di bidang Administrasi Kependudukan
dan Pencatatan Sipil. Dengan hal tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan
Sipil Kabupaten Lumajang dituntut untuk memberikan pelayanan yang efektif
atau sesuai standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Untuk mencapai pelayanan
yang sesuai dengan standarnya, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Lumajang melakukan Inovasi. Dimana inovasi ini seperti memberikan
penghargaan atas kinerja pegawai yang cepat dan tepat waktu. Inovasi tersebut
untuk mengukur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat apakah sudah
sesuai dengan standar pelayanan yang sudah dicanankan oleh Dinas
Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang. Dengan adanya
inovasi tersebut maka pelayanan yang diberikan oleh pencatatan sipil dapat sesuai
dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Standar pelayanan merupakan
ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib
ditaati oleh pemberi atau penerima pelayanan. Standar pelayanan meliputi; a)
prosedur pelayanan, b) waktu penyelesaian, c) biaya pelayanan, d) produk
pelayanan, e) sarana dan prasarana, f) serta kompetensi petugas (dalam Keputusan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang
Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik).
Dalam pelaksanaan pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukaan Dan
Pencatatan Sipil melakukan dengan beberapa lini pelayanan. Lini-lini tersebut
meliputi; a) Di Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil sendiri melalui
loket pelayanan pencatatan sipil, b) Program jemput bola dimasing-masing
kecamatan, c) Kerjasama dengan Rumah Sakit di Kabupaten Lumajang seperti
Rumah Sakit, Wijaya Kusuma, Bhayangkara dan Islam, d) Kerjasama dengan jasa
pos yang dilakukan pada tahun 2017. Lini-lini pelayanan tersebut merupakan cara
yang digunakan untuk meningkatkan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten
Lumajang
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIED-, Bahtiarnidn0703126301
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 320 Political dan Government Science |
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1) |
Depositing User: | Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 06:27 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 06:27 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |