Irianti, Vita (2018) TATA KELOLA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
TATA KELOLA PELAYANAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN LUMAJAN.pdf Download (193kB) |
|
Text
cover.pdf Download (71kB) |
|
Text
halaman judul, kata pengantar, daftar isi lengkap.pdf Download (288kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (159kB) |
|
Text
bab 1, bab 2, bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
Abstract
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang merupakan suatu instansi yang memberikan pelayanan di bidang Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Dengan hal tersebut Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang dituntut untuk memberikan pelayanan yang efektif atau sesuai standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Untuk mencapai pelayanan yang sesuai dengan standarnya, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang melakukan Inovasi. Dimana inovasi ini seperti memberikan penghargaan atas kinerja pegawai yang cepat dan tepat waktu. Inovasi tersebut untuk mengukur pelayanan yang diberikan kepada masyarakat apakah sudah sesuai dengan standar pelayanan yang sudah dicanankan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang. Dengan adanya inovasi tersebut maka pelayanan yang diberikan oleh pencatatan sipil dapat sesuai dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan. Standar pelayanan merupakan ukuran yang dibakukan dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang wajib ditaati oleh pemberi atau penerima pelayanan. Standar pelayanan meliputi; a) prosedur pelayanan, b) waktu penyelesaian, c) biaya pelayanan, d) produk pelayanan, e) sarana dan prasarana, f) serta kompetensi petugas (dalam Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik). Dalam pelaksanaan pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukaan Dan Pencatatan Sipil melakukan dengan beberapa lini pelayanan. Lini-lini tersebut meliputi; a) Di Kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil sendiri melalui loket pelayanan pencatatan sipil, b) Program jemput bola dimasing-masing kecamatan, c) Kerjasama dengan Rumah Sakit di Kabupaten Lumajang seperti Rumah Sakit, Wijaya Kusuma, Bhayangkara dan Islam, d) Kerjasama dengan jasa pos yang dilakukan pada tahun 2017. Lini-lini pelayanan tersebut merupakan cara yang digunakan untuk meningkatkan kepemilikan akta kelahiran di Kabupaten Lumajang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 320 Political dan Government Science | ||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1) | ||||||
Department: | S1 Ilmu Pemerintahan | ||||||
Depositing User: | Hendri UF | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2020 06:27 | ||||||
Last Modified: | 01 Jul 2020 06:27 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4514 |
Actions (login required)
View Item |