LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS

Nikmah, Mutiara (2018) LESSON STUDY DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri Pakusari melalui penerapan lesson study dengan problem based learning. Metode yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study. Pada setiap siklus PTK mengacu pada lesson study yang terdiri dari tahap perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan tahap refleksi (see). Tahap perencanaan (planning) pada PTK sama dengan perencanaan (plan) pada LS. tindakan (acting) dan pengamatan (observing) pada PTK sama dengan pelaksanaan (do), baik PTK maupun LS sama-sama melakukan refleksi (reflecting).Hasil data kemampuan berfikir kritis diperoleh pada prasiklus siswa nilai ketuntasan klasikal 39%, pada siklus I diperoleh 43%, dan pada siklus ke II di peroleh 72%. Hasil data kemampuan berfikir kritis terdapat peningkatan dari prasiklus ke siklus I dan siklus II. Pembelajaran Problem Based Learning melibatkan siswa secara aktif dalam menemukan masalah dan mengutarakan alternatif-alternatif pemecahannya. Lesson Study meruipakan model pembinaan profesi pendidik, melalui pengkajian, pembelajaran kolaboratif, dan berkelanjutan berlandaskan p

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Jul 2020 03:14
Last Modified: 02 Jul 2020 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4557

Actions (login required)

View Item View Item