Khusnul Fajria, Sifa (2018) Use of the Discovery Learning Learning Model Combined With Game Education Methods To Improve Learning Outcomes Ipa And Student Activities (Topic of Environmental Pollution Class E VII Semester At MTs. Baitul Hikmah, Tempurejo). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (42kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (151kB) |
|
Text
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
2. BAB I ALHAMDULILLAH.pdf Download (65kB) |
|
Text
3. BAB II ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
4. BAB III ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text
5. BAB IV ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (517kB) |
|
Text
6. BAB V ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
7. BAB VI ALHAMDULILLAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
Abstract
Cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah dan kegiatan belajar mengajar yang masih cenderung pasif, serta guru jarang sekali menggunakan model pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi malas. Terdapat dua tujuan dalam penelitian ini yang dirangkum peneliti adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan aktivitas belajar siswa kelas VII E Semester Genap MTs.Baitul Hikmah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Education Game pokok bahasan Pencemaran Lingkungan. Jenis penelitan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam penelitian tindakan kelas terdapat 2 siklus yang mana masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, Refleksi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada 17 Mei 2018 hingga 26 Mei 2018 di kelas VII E MTs. Baitul Hikmah Tempurejo. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model Discovery Learning dipadu dengan metode Education Game. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada prasiklus dengan prosentase ketuntasan sebesar 33% meningkat pada siklus I dengan prosentase ketuntasan klasikal 61,1% peningkatan hasil ketuntasan klasikal dari prasiklus ke siklus I mencapai 28,1% dan meningkat pada siklus II dengan prosentase ketuntasan klasikal 88,80% meningkat dari siklus I yaitu mencapai 27,7%. Sedangkan hasil penelitian aktivitas belajar siswa meningkat setelah menerapkan model Discovery Learning dipadu dengan metode Education Game, persentase aktivitas belajar siswa siklus I sebesar 47,95% dan pada siklus II naik menjadi 85,63% terjadi peningkatan sebesar 37,68%. Kata Kunci : Discovery Learning, Education Game, hasil belajar, aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2020 03:33 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2020 03:33 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4558 |
Actions (login required)
View Item |