Penererapan Lesson Study Dengan Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Bekerjasama

Nur Widyasina, Rahmi (2018) Penererapan Lesson Study Dengan Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Bekerjasama. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (525kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
Cover-Skripsi.pdf

Download (369kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerjasama siswa kelas XI MIPA 5 SMA Muhammadiyah 3 Jember tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan lesson study dengan discovery learning. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dipadu dengan lesson study yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Hasil belajar siswa yang tuntas pada saat Prasiklus sebesar 25%, pada siklus I sebesar 53%, dan pada siklus II sebesar 85%, sedangkan pada nilai kemampuan kerjasama sebesar 16%, siklus I sebesar 39%, dan pada siklus II sebesar 85%. Penerapan lesson study dengan discovery learning telah mumbuktikan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerjasama peserta didik. Penerapan kolarborasi antar pendidik mampu membantu kelancaran proses pembelajaran, dan memperbaiki apa yang kurang pada saat proses belajar. Discovery learning sangat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam hal berdiskusi sehingga pada saat evaluasi peserta didik mampu meningkatkan hasil belajarnya, Kata Kunci : Lesson Study, Discovery Learning, Hasil Belajar, Bekerjasama

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 06 Jul 2020 03:33
Last Modified: 06 Jul 2020 03:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4560

Actions (login required)

View Item View Item