Implementasi Metode K-Means Clustering dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus : SMK Sunan Kalijogo Lumajang)

Andre Baskara, Dirta (2016) Implementasi Metode K-Means Clustering dalam Penilaian Kedisiplinan Siswa (Studi Kasus : SMK Sunan Kalijogo Lumajang). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal IMPLEMENTASI METODE K.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Mendengar dan melihat pemberitaan di media massa dan elektronik akhir-akhir ini menggambarkan bahwa tingkat kedisiplinan siswa umumnya masih tergolong memprihatinkan. Kuantitas pelanggaran yang dilakukan oleh siswa semakin bertambah dari waktu ke waktu. Dari berbagai jenis pelanggaran tata tertib sekolah, misalnya banyaknya siswa yang bolos atau keluar pada waktu jam belajar, perkelahian, terlambat dating ke sekolah, malas belajar, sering tidak masuk sekolah, tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, tidak membuat pekerjaan rumah dan lain-lain sebagainya. Secara garis besar banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh siswa akan berpengaruh terhadap kemajuan dan prestasi belajar di sekolah. Dari beberapa penjabaran diatas penulis mengajukan skripsi untuk memecahkan permasalahan tersebut dan tertarik membuat suatu sistem pendukung keputusan dalam bentuk sebuah aplikasi yang akan bermanfaat dalam penilaian disiplin siswa dengan menggunakan Metode K-Means Clustering yang di implementasikan untuk menilai disiplin siswa di SMK Sunan Kalijogo Lumajang.

Item Type: Article
Additional Information: Dirta Andre Baskara (1110651044)
Uncontrolled Keywords: K-Means,Clustering,Kedisplinan,SMK
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 20 Jul 2018 00:50
Last Modified: 20 Jul 2018 00:50
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item View Item