STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO

Briankusuma, Galih (2013) STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (949kB)
[img] Text
Kover n daftar isi.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAK gbr.pdf

Download (78kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Jembatan yang terletak di desa Mandiro kecamatan Tegal Ampel kabupaten Bondowoso, Kondisi jembatan sangat sempit hanya layak dilewati kendaraan bermotor ringan, seperti motor, becak, motor roda tiga dan hand tractor. Dengan kondisi yang ada kendaraan sedang hingga berat bila menuju desa sebelah harus berjalan memutar sekitar 8 km, tujuan dari studi perencanaan jembatan ini tidak lain adalah untuk memperlancar arus transportasi, sehingga menunjang kegiatan perekonomian masyarakat. Diharapkan dengan perencanaan ini akan didapatkan gambaran tentang struktur jembatan yang lebih besar secara kapasitas serta dapat mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan pada jembatan tersebut. Sebelum mengadakan perhitungan dan perencanaan jembatan lama perlu mengadakan identifikasi dari struktur jembatan di lokasi tersebut secara rinci. Data teknis jembatan untuk jembatan atas terdiri dari tebal perkerasan, Tebal Plat beton, Panjang 1 Bentang, Panjang Total Jembatan, Kelas Jembatan, Lebar lalu lintas, Lebar Trotoar, Pagar Jembatan, Jarak antar gelagar, Jarak gelagar ke tepi, Jumlah gelagar WF, Panjang Total Jembt, bahan yang digunakan Mutu beton plat dan pondasi (fc’) 25 MPa, Mutu beton tiang sandaran (fc’) 22,5 Mpa, Baja tulangan (fy) = 240 Mpa, Baja profil BJ-37 (fy) = 370 Mpa. Dan untuk data teknis jembatan bawah terdiri dari Diameter Pondasi Sumuran, Tinggi Sumuran, Jumlah Pondasi Sumuran tiap balok poer, Tinggi pilar, Dimensi balok poer Dengan menggunakan gelagar komposit dan pondasi sumuran ketahanan dan umur jembatan bisa bertahan lama. Penambahan bentang jembatan yang semula 5.00 meter menjadi 7.00 meter dapat melancarkan dan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas pada jembatan. Kekuatan dan kekakuan struktur komposit, banyak dipengaruhi oleh kemampuan penghubung geser dalam menahan geseran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Sipil
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKuryanto, Totok Dwinidn0013086602
UNSPECIFIED-, Kuswardaninidn#
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:54
Last Modified: 07 Jul 2020 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item