STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO
Briankusuma, Galih (2013) STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
JURNAL.pdf Download (949kB) |
![]() |
Text
Kover n daftar isi.pdf Download (559kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK gbr.pdf Download (78kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
Abstract
Jembatan yang terletak di desa Mandiro kecamatan Tegal Ampel kabupaten
Bondowoso, Kondisi jembatan sangat sempit hanya layak dilewati kendaraan
bermotor ringan, seperti motor, becak, motor roda tiga dan hand tractor. Dengan
kondisi yang ada kendaraan sedang hingga berat bila menuju desa sebelah harus
berjalan memutar sekitar 8 km, tujuan dari studi perencanaan jembatan ini tidak lain
adalah untuk memperlancar arus transportasi, sehingga menunjang kegiatan
perekonomian masyarakat. Diharapkan dengan perencanaan ini akan didapatkan
gambaran tentang struktur jembatan yang lebih besar secara kapasitas serta dapat
mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan pada jembatan tersebut.
Sebelum mengadakan perhitungan dan perencanaan jembatan lama perlu
mengadakan identifikasi dari struktur jembatan di lokasi tersebut secara rinci. Data
teknis jembatan untuk jembatan atas terdiri dari tebal perkerasan, Tebal Plat beton,
Panjang 1 Bentang, Panjang Total Jembatan, Kelas Jembatan, Lebar lalu lintas,
Lebar Trotoar, Pagar Jembatan, Jarak antar gelagar, Jarak gelagar ke tepi, Jumlah
gelagar WF, Panjang Total Jembt, bahan yang digunakan Mutu beton plat dan
pondasi (fc’) 25 MPa, Mutu beton tiang sandaran (fc’) 22,5 Mpa, Baja tulangan (fy)
= 240 Mpa, Baja profil BJ-37 (fy) = 370 Mpa. Dan untuk data teknis jembatan
bawah terdiri dari Diameter Pondasi Sumuran, Tinggi Sumuran, Jumlah Pondasi
Sumuran tiap balok poer, Tinggi pilar, Dimensi balok poer
Dengan menggunakan gelagar komposit dan pondasi sumuran ketahanan dan umur
jembatan bisa bertahan lama. Penambahan bentang jembatan yang semula 5.00 meter
menjadi 7.00 meter dapat melancarkan dan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas
pada jembatan. Kekuatan dan kekakuan struktur komposit, banyak dipengaruhi oleh
kemampuan penghubung geser dalam menahan geseran.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDKuryanto, Totok Dwinidn0013086602UNSPECIFIED-, Kuswardaninidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1) |
Depositing User: | Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com |
Date Deposited: | 07 Jul 2020 01:54 |
Last Modified: | 07 Jul 2020 01:54 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |