STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO



Briankusuma, Galih (2013) STUDI PERENCANAAN JEMBATAN MANDIRO DENGAN MENGGUNAKAN GELAGAR KOMPOSIT DAN PONDASI SUMURAN DESA MANDIRO KECAMATAN TEGAL AMPEL KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of Kover n daftar isi.pdf] Text
Kover n daftar isi.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of ABSTRAK gbr.pdf] Text
ABSTRAK gbr.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)

Abstract

Jembatan yang terletak di desa Mandiro kecamatan Tegal Ampel kabupaten
Bondowoso, Kondisi jembatan sangat sempit hanya layak dilewati kendaraan
bermotor ringan, seperti motor, becak, motor roda tiga dan hand tractor. Dengan
kondisi yang ada kendaraan sedang hingga berat bila menuju desa sebelah harus
berjalan memutar sekitar 8 km, tujuan dari studi perencanaan jembatan ini tidak lain
adalah untuk memperlancar arus transportasi, sehingga menunjang kegiatan
perekonomian masyarakat. Diharapkan dengan perencanaan ini akan didapatkan
gambaran tentang struktur jembatan yang lebih besar secara kapasitas serta dapat
mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan pada jembatan tersebut.
Sebelum mengadakan perhitungan dan perencanaan jembatan lama perlu
mengadakan identifikasi dari struktur jembatan di lokasi tersebut secara rinci. Data
teknis jembatan untuk jembatan atas terdiri dari tebal perkerasan, Tebal Plat beton,
Panjang 1 Bentang, Panjang Total Jembatan, Kelas Jembatan, Lebar lalu lintas,
Lebar Trotoar, Pagar Jembatan, Jarak antar gelagar, Jarak gelagar ke tepi, Jumlah
gelagar WF, Panjang Total Jembt, bahan yang digunakan Mutu beton plat dan
pondasi (fc’) 25 MPa, Mutu beton tiang sandaran (fc’) 22,5 Mpa, Baja tulangan (fy)
= 240 Mpa, Baja profil BJ-37 (fy) = 370 Mpa. Dan untuk data teknis jembatan
bawah terdiri dari Diameter Pondasi Sumuran, Tinggi Sumuran, Jumlah Pondasi
Sumuran tiap balok poer, Tinggi pilar, Dimensi balok poer
Dengan menggunakan gelagar komposit dan pondasi sumuran ketahanan dan umur
jembatan bisa bertahan lama. Penambahan bentang jembatan yang semula 5.00 meter
menjadi 7.00 meter dapat melancarkan dan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas
pada jembatan. Kekuatan dan kekakuan struktur komposit, banyak dipengaruhi oleh
kemampuan penghubung geser dalam menahan geseran.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Kuryanto, Totok Dwi
nidn0013086602
UNSPECIFIED
-, Kuswardani
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2020 01:54
Last Modified: 07 Jul 2020 01:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item