Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Siswa SMA Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (Studi Kasus: SMA Negeri 3 Bondowoso)

Zharen Dellyana, Fezanda (2016) Sistem Pendukung Keputusan Penjurusan Siswa SMA Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process (Studi Kasus: SMA Negeri 3 Bondowoso). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview

Abstract

Sistem Penjurusan merupakan suatu proses penyeleksian siswa dalam menentukan jurusan. Dalam upaya penjurusan ini siswa dapat memilih program studi yang akan diikuti siswa. Penjurusan dilakukan berdasarkan atas kemampuan akademik siswa dan potensi siswa (tes IQ). SMA Negeri 3 Bondowoso merupakan sekolah yang masih menggunakan sistem manual dalam proses penjurusan. Dengan adanya permasalahan tersebut metode yang digunakan adalah Multifactor Evaluation Process (MFEP) dengan tujuan menjabarkan bobot-bobot yang sesuai dengan kriteria yang pantas untuk penjurusan pada program studi di Sekolah Menengah Atas. Metode ini menghitung menggunakan skor dan pembobotan untuk memperoleh pengklasifikasian terhadap penjurusan. Hasil penjurusan sistem pendukung keputusan dengan hasil penjurusan sekolah memiliki tingkat akurasi sebesar 88%. Karena keputusan akhir penjurusan siswa ditentukan oleh pihak sekolah. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat mempermudah para guru menentukan keputusan dalam penjurusan untuk para siswa/i.

Item Type: Article
Additional Information: Fezanda Zharen Dellyana (1110651151)
Uncontrolled Keywords: penjurusan, multifactor evaluation process
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 25 Jul 2018 02:58
Last Modified: 25 Jul 2018 02:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item