MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI KECAMATAN AMBULU

Septiani, Nina (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL DI KECAMATAN AMBULU. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN PDF NEW.pdf

Download (454kB)
[img] Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 1 PEMBAHASAN PDF.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB 2 KAJIAN PUSTAKA PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 METODE PENELITIAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 HASIL PENELITIAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 PEMBAHASAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 6 PENUTUP PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK Septiani, Nina, 2020. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Papan Flanel di Kecamatan Ambulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Dra. Tri Endang Jatmikowati, M.S.i. (2) Angraeny Unedia Rachman, S.H.M.Pd Kata Kunci : Kemampuan mengenal lambang bilangan, Media papan flanel. Kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan kemampuan anak untuk mengenali simbol-simbol bilangan. Mengenal lambang bilangan sangat penting bagi anak karena merupakan modal dasar kemampuan matematika. Pengenalan matematika sebaiknya dilakukan sejak usia dini melalui penggunaan benda-benda konkret dan pembiasaan penggunaan matematika agar anak dapat memahami matematika, seperti menghitung, bilangan, dan operasi bilangan. Untuk mencapai perkembangan yang sesuai, salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan media yang menarik yang dapat mendukung minat belajar anak. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan melalui kegiatan bermain dengan media papan flanel adalah bagaimanakah meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun melalui media papan flanel. Kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Ambulu di duga dapat ditingkatkan melalui media papan flanel. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara chatting maupun panggilan melalui media Whats App dengan jumlah responden 9 orangtua dan anak. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2020 pada anak usia 4-5 tahun di Kecamatan Ambulu. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas anak selama kegiatan bermain menggunakan media papan flanel melalui video hasil kerja anak serta hasil wawancara dengan orangtua sebagai pendamping belajar anak. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak. dari jumlah 9 anak terdapat 7 anak yang berkembang kemampuan mengenal lambang bilangannya. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa perkembangan mengenal lambang bilangan anak yang berkembang diperoleh 77,77% yang berarti memenuhi kriteria keberhasilan. Hal ini berarti media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak pada usia 4-5 tahun di Kecamatan Ambulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Septiani Nina
Date Deposited: 20 Jul 2020 01:25
Last Modified: 20 Jul 2020 01:27
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/4760

Actions (login required)

View Item View Item