Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi kasus pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Jember)

Maharani, Eka (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Studi kasus pada usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
jurnal ( artikel ).pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (21kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (13kB)
[img] Text
BAB 1 fix.docx 1.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB 2.fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
bab 3 fix.doc 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB 4 fiks.doc 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
BAB 5 fix.docx 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemberian informasi dan sosialisasi terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP, (2) Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP, (3) Pengaruh jenjang pendidikan terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP, (4) Pengaruh lama usaha terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP, (5) Pengaruh ukuran usaha terhadap pemahaman UMKM dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP. Objek penelitian ini adalah adalah UMKM dengan kategori usaha kecil dan menengah yang ada di Jember. Dalam hal ini UMKM yang dimaksud adalah UMKM bidang perdagangan yang memiliki jumlah populasi sebanyak 182 UMKM.. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah teknik Convenience Sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui : Kuesioner dan studi pustaka dan alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) 0,005 < 0,05, karena signifikansi thitung lebih kecil dari 5%, maka H0 ditolak, berarti variabel Pemberian Informasi dan Sosialisasi (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP (Y). Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Pemberian Informasi dan Sosialisasi berpengaruh positif terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP terbukti kebenarannya (H1 diterima). (2) 0,007 < 0,05, karena signifikansi thitung lebih kecil dari 5%, maka H0 ditolak, berarti variabel Latar Belakang Pendidikan (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP (Y). Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Latar Belakang Pendidikan berpengaruh positif terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP terbukti kebenarannya (H2 diterima). (3) taraf signifikansi sebesar 0,584 > 0,05, karena signifikansi thitung lebih besar dari 5%, maka H0 diterima, berarti variabel Jenjang Pendidikan (X3) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP (Y). Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Jenjang Pendidikan berpengaruh positif terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP tidak terbukti kebenarannya (H3 ditolak). (4) taraf signifikansi 0,406 > 0,05. Karena signifikansi thitung lebih besar dari 5%, maka H0 diterima, berarti variabel Lama Usaha (X4) tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP (Y). Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Lama Usaha berpengaruh positif terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP tidak terbukti kebenarannya (H4 ditolak). (5) taraf signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. Karena signifikansi thitung lebih kecil dari 5%, maka H0 ditolak, berarti variabel Ukuran Usaha (X5) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP (Y). Sehingga, hipotesis yang menyatakan bahwa Ukuran Usaha berpengaruh positif terhadap Pemahaman UMKM atas SAK ETAP terbukti kebenarannya (H5 diterima).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Informasi Dan Sosialisasi, Latar Belakang Pendidikan, Jenjang Pendidikan, Lama Usaha, Ukuran Usaha, Pemahaman UMKM Dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP.
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:00
Last Modified: 09 Oct 2019 13:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/49

Actions (login required)

View Item View Item