Analisa Status Gizi Balita Berdasarkan Faktor Sosial Ekonomi Keluarga Menggunakan Uji Chi Square dan Korelasi Ganda dengan SPSS

Rafika, Iklil (2016) Analisa Status Gizi Balita Berdasarkan Faktor Sosial Ekonomi Keluarga Menggunakan Uji Chi Square dan Korelasi Ganda dengan SPSS. Undergraduate thesis, universitas muhammdiyah jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)

Abstract

Status gizi memiliki pengaruh yang besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dimasa yang akan datang. Status gizi berhubungan dengan kecerdasan anak. Anak balita merupakan salah satu golongan penduduk yang rawan terhadap masalah gizi. Karena, pada usia ini anak sudah tidak mendapatkan ASI sedangkan makanan yang dikonsumsi belum mencukupi kebutuhan gizi yang semakin meningkat. Keadaan gizi pada balita dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain, Faktor ekonomi yang meliputi pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, dan jumlah anggota keluarga. faktor ekonomi merupakan faktor penyebab sering terjadinya masalah gizi. Pendidikan adalah upaya paling efektif untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Pendidikan orang tua merupakan faktor yang penting karena dengan pendidikan yang baik, maka orang tua dapat menerima segala informasi dari luar dengan baik. Pendapatan keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi balita, ditemukan bahwa dalam rumah tangga atau keluarga yang mampu dapat dikatakan tidak ada balita yang mempunyai gizi kurang, sebaliknya banyak balita dari keluarga kurang mampu yang terkena gizi kurang. Hal ini berpengaruh juga pada jumlah anggota di dalam keluarga, banyaknya jumlah anggota keluarga akan mempengaruhi konsumsi pangan. jika pendapatan keluarga rendah sedangkan jumlah anggota keluarga banyak maka diperlukan pembagian makanan yang merata di dalam keluarga tersebut.Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah faktor sosial ekonomi yang meliputi: pendidikan orang tua, pendapatan orang tua, dan jumlah anggota keluarga dengan metode analisis ujichi square dan korelasi ganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS lengkap.Berdasarkan hasil uji chi square didapatkan bahwa variabel tingkat pendidikan (P = 0,005 < α = 0,05), tingkat pendapatan (P= 0,003 < α = 0,05), dan tingkat jumlah anggota keluarga (P = 0,014 < α = 0,05) terdapat hubungan yang signifikan terhadap status gizi balita. Berdasarkan hasil uji korelasi ganda faktor yang cukup kuat hubungannya sehingga dapat mempengaruhi status gizi balita yaitu faktor pendapatan orang tua dengan pearson correlation sebesar 0,420. Kedua uji ini yaitu uji chi square dan uji korelasi ganda dapat digunakan untuk menganalisa hubungan antara dua variabel atau lebih dengan variabel lain (terikat). Dan untuk mengetahui seberapa besar hubungan itu berpengaruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Iklil Rafika (1212651170)
Uncontrolled Keywords: Anak Balita, ujichi square, korelasi ganda
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 Jul 2018 03:09
Last Modified: 10 Apr 2020 13:30
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item