Implementasi Algoritma Genetika untuk Penjadwalan Mata Kuliah pada Program Studi Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Jember

Ririn Astutik, Lia (2016) Implementasi Algoritma Genetika untuk Penjadwalan Mata Kuliah pada Program Studi Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penjadwalan kuliah merupakan salah satu kegiatan dalam universitas yang membutuhkan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Pada umumnya penjadwalan dilakukan dengan cara manual. Cara ini memiliki keakuratan yang kurang baik dan menyebabkan terjadinya tabrakan jadwal. Pada penjadwalan kuliah sering terjadi tabrakan jadwal mengajar dosen, tabrakan waktu kuliah, dan ketersediaan ruangan yang cukup. Pada skripsi ini dijelaskan bagaimana penjadwalan perkuliahan dijadwalkan dengan menggunakan algoritma genetika. Algoritma genetika adalah algoritma pencarian heuristik yang didasarkan atas mekanisme dari seleksi alam yang lebih dikenal dengan proses evolusi biologis. Algoritma genetika digunakan untuk mendapatkan jadwal yang optimal yaitu dengan proses pembangkitan populasi awal, evaluasi fitnes, seleksi, reproduksi dan mutasi. Data pada skripsi ini berupa data pengajar, data mata kuliah, data ruangan dan data waktu yang diambil dari database program studi teknik informatika di Universitas Muhammadiyah Jember tahun ajaran 2015/2016 semester ganjil. Data tersebut terlebih dahulu melalui tahapan proses dari algoritma genetika untuk mendapatkan hasil yang sesuai. Berdasarkan pengujian dan inputan nilai parameter genetik yang sama atau berbeda, proses penjadwalan menghasilkan hasil generasi dan iterasi yang berbeda-beda hal ini disebabkan karena fungsi random. Dari hasil 100 generasi didapat rata-rata running program sebesar 42,36 milisecond dan rata-rata fitness yang didapat sebesar 0,0073804.

Item Type: Article
Additional Information: Lia Ririn Astutik (1210651147)
Uncontrolled Keywords: penjadwalan mata kuliah, algoritma genetika
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:12
Last Modified: 30 Jul 2018 03:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item