Penerapan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) dalam Pemilihan Calon Ketua Program Keahlian di SMK Negeri 8 Jember

An Carita, Linia (2016) Penerapan Metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) dalam Pemilihan Calon Ketua Program Keahlian di SMK Negeri 8 Jember. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

SMK Negeri 8 Jember merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan yang memiliki tiga program keahlian, yaitu Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Otomotif, dan Agribisnis Produksi Tanaman. Adanya beberapa program keahlian pasti membutuhkan ketua program keahlian pada masing-masing program keahlian yang ada di sekolah tersebut. Kenyataannya pemilihan ketua program keahlian dalam lingkungan SMK Negeri 8 Jember masih bersifat subyektif, yaitu hanya mengacu dari segi pendidikan terakhir dan lama kerja. Bahkan terkadang yang seharusnya terjadi pergantian tiap dua tahun sekali itu tidak dilakukan. Hal tersebut menyebabkan kesenjangan sosial pada lingkungan SMK Negeri 8 Jember, yang mana juga tidak memberikan kesempatan kepada yang lain untuk dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan bahwa meraka pun mampu mengemban tugas sebagai Ketua Program Keahlian. Atas dasar tersebut maka solusi yang cocok adalah adanya Sistem Pendukung Keputusan dengan menggunakan metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) dengan tujuan pemilihan calon Ketua Program Keahlian dapat benar-benar diputuskan dengan berbagai pertimbangan kriteria yang ada dan berdasarkan kemampuan dari tiap individu. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) sesuai dengan analisa dan hasil yang diharapkan oleh stakeholder.

Item Type: Article
Additional Information: Linia An Carita (1310652029)
Uncontrolled Keywords: support system, fuzzy, FMCDM, SMK Negeri 8 Jember, ketua Program
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:24
Last Modified: 30 Jul 2018 03:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item