Sistem Informasi Geografis Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd Warshall (Studi Kasus : Tempat Pariwisata di Kabupaten Bondowoso)

Hidayatur Robbany, M.Arif (2016) Sistem Informasi Geografis Penentuan Jarak Terpendek Menggunakan Algoritma Floyd Warshall (Studi Kasus : Tempat Pariwisata di Kabupaten Bondowoso). Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview

Abstract

Sistem Informasi Geografis adalah suatu sistem yang dibuat berdasarkan pemetaan geografis bumi. Sistem ini dapat memberikan informasi mengenai letak wilayah atau lokasi tempat-tempat yang ada di permukaan bumi, memberikan keterangan-keterangan dari lokasi yang telah diberikan dan dapat memberikan informasi mengenai lintasan terpendek dari suatu lokasi ke lokasi yang lainnya. Kota Bondowoso saat ini memiliki sangat banyak tempat-tempat wisata yang bisa didatangi diantaranya air terjun dan pemandian air panas yang ada di kota tersebut, namun saat ini belum ada aplikasi yang dapat mempermudah para wisatawan untuk mendapatkan informasi untuk menuju tempat wisata yang dimaksud.Algoritma Floyd-Warshall merupakan suatu metode yang melakukan pemecahan masalah dengan memandang solusi yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan yang saling terkait dan akan memilih satu jalur terpendek dari beberapa alternatif jalur yang telah dihasilkan dari proses kalkulasi. Pada penelitian ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic.Net dan database MySQL dengan data sebanyak 30 titik pariwisata. Hasil akhir dari pengujian menggunakan 2 skenario uji coba didapatkan rata rata akurasi 90% dan rata rata eror 10%. Maka algoritma floyd warshall dapat digunakan untuk menentukan jarak terpendek.

Item Type: Article
Additional Information: M.Arif Hidayatur Robbany (1210651247)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografis , Algoritma Floyd-Warshall, graph
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:57
Last Modified: 30 Jul 2018 03:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item