Klasterisasi Siswa SMK Negeri 6 Jember dengan Tingkat Kedisiplinannya Menggunakan Algoritma K-Means

Ridwan, Mujib (2016) Klasterisasi Siswa SMK Negeri 6 Jember dengan Tingkat Kedisiplinannya Menggunakan Algoritma K-Means. Journal of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf - Published Version

Download (525kB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan merupakan cermin kehidupan masyarakat berbangsa maupun bernegara. Kedisiplinan siswa sangatlah penting untuk kemajuan suatu sekolah. Sangat perlu kiranya setiap sekolah itu memberikan perhatian serta pembinaan khusus bagi siswa yang bermasalah ataupun sering melakukan pelanggaran. Klastering merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengelompokkan Data suatu set objek menjadi kelas-kelas yang terdiri dari objek - objek yang sama, yang dapat dijadikan sebuah alat bantu untuk mengambil keputusan untuk peraturan yang ada di dalam sekolah. K-means merupakan salah satu metode clustering non hirarki yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih cluster, Tingkat kemiripan bisa dihitung dengan Euclidean Distance, Data tiap-tiap kelas siswa dengan semua jurusan dapat mengetahui nilai hitung rata-rata jarak. Dengan pilah data yang dimiliki menjadi dua set data yang ukuran nilai berbeda, yaitu sekitar 80%:20%. Yang 80% dipakai sebagai training data, Sedangkan yang 20% digunakan sebagai validation data random siswa.

Item Type: Article
Additional Information: Mujib Ridwan (1210651016)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan siswa, Klastering, Algoritma K-means
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:09
Last Modified: 02 Aug 2018 02:09
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/528

Actions (login required)

View Item View Item