problematika pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 3 Banyuwangi

Sistinaningsih, Wahyu (2020) problematika pendidikan karakter siswa di MTs Negeri 3 Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a._pendahuluan[1].pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (348kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy
[img] Text
k. artikel.pdf

Download (725kB)

Abstract

ABSTRAK Sistinaningsih, Wahyu. 2020. Problematika Pendidikan Karakter di MTs Negeri 3 Banyuwangi, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam , Universitas Muhammadiyah Jember ,Dosen Pembimbing (1) : Dr. Siti Nursyamsiyah, SS, M.Pd (2) Badrut Tamami, M.Pd.I Kata Kunci : Problematika pendidikan karakter, siswa. Nilai-nilai pendidikan karakter yang saat ini mulai luntur, dikarenakan siswa yang mulai menganggap rendah nilai-nilai karakter. Akar dari semua tindakan baik dan buruk terletak pada sebuah pendidikan karakter yang ada pada setiap individu-individu siswa. Karakter yang dimaknai sebagai cara berfikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk dapat bersosialisai terhadap lingkungan disekitarnya. Problematika yang umum terjadi di MTs Negeri 3 Banyuwangi adalah problematika kedisiplinan siswa, problematika sopan santun, dan problematika religius. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana problematika pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Banyuwangi ? dan apa saja faktor penunjang dan penghambat problematika karakter siswa di MTs Negeri 3 Banyuwangi ? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripisikan apa saja yang menjadi problematika karakter yang dihadapi siswa dan apa saja faktor penunjang dan penghambat problematika karakter siswa di MTs Negeri 3 Banyuwanngi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dalam proses pengumpulanya datanya menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menanggulangi problematika pendidikan karakter tersebut maka perlu adanya perhatian khusus dari guru dan orang tua siswa mengenai bagaimana cara bicara, cara berpakaian, kedisiplinan siswa, dan cara bergaul dengan teman maupun lingkungan sekitarnya.”Permasalahan pendidikan karakter selama ini ada disetiap satuan pendidikan perlu segera dikaji, dan dicari alternatif-alternatif solusinya, serta perrlu dikembangkan secara lebih operasional sehingga mudah untuk dapat diimplementasikan disekolah”.Temuan dari penelitian ini adanya tiga problemtaika pendidikan karakter di MTs Negeri 3 Banyuwangi yaitu problematika kedisiplinan, problematika sopan santun dan problematika kereligusan siswa. Faktor penunjang dari penanaman pendidikan karakter ini adalah didukung dari kegiatan sekolah. Faktor penghambat dari penelitian ini adalah kurang pengawasan dalam kegiatan penanaman pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology > 155 Differential and Developmental Psychology
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: sistinaningsih Wahyu
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:40
Last Modified: 28 Jul 2020 06:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5386

Actions (login required)

View Item View Item