Utami, Fajar Tri (2020) Warna Yang Menggunakan Tanda Pada Poster Kampanye Di Desa Sukorambi Jember: Kajian Semiotik. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (647kB) |
|
Text
b. Abstrak.pdf Download (107kB) |
|
Text
c. BAB 1.pdf Download (313kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) | Request a copy |
|
Text
k ARTIKEL.pdf Download (416kB) |
Abstract
Tanda denotasi merupakan makna sesungguhnya yaitu penglihatan fisik, apa yang nampak, bagaimana bentuknya dan seperti apa aromanya. Konotasi merupakan tingkat pertandaan yang menjelaskan hubungan penanda dan petanda yang di dalamnya beroperasi makna yang tidak eksplisit, tidak langsung, dan tidak pasti. Mitos merupakan sebuah cerita budaya yang belum tentu benar faktanya. Permasalahan yang muncul pada latar belakang adalah warna pada poster kampanye yang menggunakan tanda denotasi, konotasi dan mitos. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan tanda denotasi, konotasi dan mitos yang terdapat pada warna poster kampanye. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif. Sasaran penelitian ini ialah Warna pada poster kampanye. Teknik pengumpulan data adalah teknik dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini mengunakan tabel pengumpulan data. Data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu data warna yang diperoleh diinterpretasikan dengan mengambil gambar poster kampanye tersebut, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, menganalisis data, dan menyintesiskan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dari masing-masing warna pada poster kampanye memiliki makna yang berbeda-beda. Pada poster kampanye tidak asal mengaplikasikan warna, tetapi warna tersebut diaplikasikan sesuai dengan tujuan dari calon kandidat tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dalam penelitian ini adalah warna-pada poster kampanye yang memiliki makna denotasi, konotasi dan mitos.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanda Denotasi, tanda konotasi dan mitos | ||||||
Subjects: | 300 Social Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society | ||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | ||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | ||||||
Depositing User: | Utami Fajar Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Contact Email Address: | fajartriutami584@gmail.com | ||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2020 06:34 | ||||||
Last Modified: | 28 Jul 2020 06:37 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5392 |
Actions (login required)
View Item |