Nilai-nilai Sosial Pada Cerita Fantasi Karya Sswa Kelas VIIC MTs Negeri 5 Jember

Rahmawati, Rizky Amalia Andina (2020) Nilai-nilai Sosial Pada Cerita Fantasi Karya Sswa Kelas VIIC MTs Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (742kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (429kB)

Abstract

Karya sastra pada dasarnya bersumber dari kenyataan-kenyataan hidup yang terdapat pada masyarakat namun, karya sastra tidak hanya mengungkapkan kenyataan yang objektif saja. Karya sastra pada pembelajaran berpotensi untuk memperluas pengalamaan serta mengembangkan kompetensi imajinatif sehingga pemahaman siswa akan nilai-nilai kemanusiaan dan kompetensi berbahasa dapat diapresiasikan dengan menciptakan karya sastra seperti teks cerita fantasi. Oleh karena itu cerita fantasi dipilih guna meningkatkan daya imajinasi yang dituangkan melalui tulisan. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana jenis-jenis nilai sosial pada cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember dan bagaimanakah bentuk penyampaian pesan sosial dalam cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis nilai sosial pada cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember dan mendeskripsikan bentuk penyampaian pesan sosial dalam cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah hasil cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember. teknik pengumpulan data menggunakan data selection. Instrumen pengumpulan data adalah peneliti selaku instrumen utama, dan tabel data. Data dalam penelitian dianalisis dengan deskriptif interaktif yaitu membaca berulang, mengelompokkan, pengkodean, menafsirkan, dan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember mengandung nilai-nilai sosial berupa nilai bekerjasama, nilai suka menolong, nilai kasih sayang, nilai kerukunan, nilai suka memberi nasehat, nilai peduli nasib orang lain dan nilai mendoakan orang lain. Sementara itu, pada cerita fantasi siswa mengandung bentuk penyamapaian secara langsung dan tidak langsung. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah nilai sosial yang ditemukan dalam cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember ada dua puluh satu data yang terkait dengan nilai sosial bekerjasama, suka menolong, kasih sayang, kerukunan, suka memberi nasehat, peduli nasib orang lain, dan suka mendoakan orang lain. Bentuk penyampaian yang ditemukan dalam cerita fantasi karya siswa kelas VII C MTs Negeri 5 Jember ada dua puluh satu data yang terkait dengan bentuk penyampaian langsung dan bentuk penyampain tidak langsung. Bentuk pembelajaran sastra untuk mengembangkan kemampuan sastra menulis sastra disekolah dengan imajinasi dan kreativitas pengarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: nilai sosial, bentuk penyampaian, cerita fantasi
Subjects: 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Rahmawati Rizky Amalia Andina
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:48
Last Modified: 28 Jul 2020 06:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5393

Actions (login required)

View Item View Item