MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF di TK IT Al-HUSNA

Pratiwi, Verti (2020) MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF di TK IT Al-HUSNA. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN VERTY.pdf

Download (550kB)
[img] Text
ABSTRAK VERTY.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I VERTY.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB III VERTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV VERTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V VERTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI VERTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VERTY.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN VERTY.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ARTIKEL VERTY.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II VERTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pratiwi, Verti.2020. Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Konstruktif Di TK IT Al-Husna. Skripsi , Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing (1) Dra.Khoiriyah, M.Pd, dan Pembimbing (2) Misyana, M.Pd. Kata kunci : Kreativitas, Bermain Konstruktif. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan hal-hal baru, salah satu cara yang dapat mengembangkan kreativitas adalah dengan suatu permainan yang imajinatif dan inisiatif pada anak usia 5-6 tahun yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang berbeda dari yang lain yanag berupa hasil karya dari anak. Bermain konstruktif adalah suatu bentuk permainan dengan menggunakan lego, Playdough, dan menggambar untuk membangun atau membuat sesuatu dengan melibatkan diri dalam suatu kreasi hasil karya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan. Obyek dalam penelitian ini adalah anak yang berusia 5-6 tahun yang bersekolah di TK IT Al-Husna. Penelitian ini bersifat kolaboratif dengan orangtua. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tindakan, dan setiap tindakan terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak meningkat melalui permainan konstruktif, yaitu kreativitas anak sebelum diadakan tindakan terdapat 5 anak (50%) dengan kriteria bintang 3. Pada tindakan I peneliti memperkenalkan permainan konstruktif menggunakan lego, playdogh, menggambar kemudian. Pada Tindakan II anak-anak dibebaskan melakukan permainan konstruktif menggunakan Lego, Playdogh, Menggambar bebas sesuai inisiatif anak dengan membentuk benda kesukaan. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan kreativitas yang didapat pada tindakan I yaitu 5 anak (50%) dan pada tindakan II peningkatan kreativitas menjadi 8 anak (80%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak menggunakan permainan konstruktif dengan mengenalkan lebih dekat kegiatan bermain konstruktif untuk anak, karena dengan bermain konstruktif anak dapat membuat hasil karya bentuk benda sesui dengan imajinasinya dengan memberi inisiatif yang berbeda. Sehingga melalui bermain konstruktif kreativitas anak dapat meningkat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Pratiwi Verti
Date Deposited: 28 Jul 2020 07:06
Last Modified: 29 Jul 2020 01:36
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5400

Actions (login required)

View Item View Item