faidah, nurul (2019) Penerapan Model Pembelajaran berbasis Proyek Dengan Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Vii Smp Islam Daerah Jenggawah (Sub Pokok Bahasan Pelestarian Ekosistem Dan Pengelolaan Lingkungan). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (386kB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (94kB) |
|
Text
c. BAB 1.pdf Download (947kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (250kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Text
jurnal.pdf Download (752kB) |
Abstract
ABSTRAK Faidah, Nurul. 2019. Penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek dengan portofolio untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Daerah Jenggawah (sub pokok bahasan pelestarian ekosistem dan pengeloaan lingkungan). Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Pembimbing: Dr. Agus Prasetyo Utomo, M.Pd (2) Dra. Sawitri Komarayanti, M.S Kata Kunci : Model Pembelajaran berbasis proyek, portofolio, Hasil Belajar Biologi Dalam proses belajar mengajar, sering ditemukan bahwa guru mengajar hanya menggunakan model secara teoritis saja. Hal ini dapat menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang antusias dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa tidak mampu berinteraksi dan pada akhirnya dapat menurunkan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi dengan guru bidang studi biologi kelas VII SMP Islam Daerah Jenggawah, ditemukan permasalahan seperti yang telah diuraikan di atas. Hasil belajar biologi siswa secara klasikal masih belum mencapai Standar Ketuntasan Minimal, yaitu hanya ada 15 siswa yang tuntas belajar dari jumlah siswa 35. Sedangkan (KKM) 75%. Dari permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Daerah Jenggawah melalui model pembelajaran berbasis proyek dengan portofolio pada sub pokok bahasan pelestarian ekosistem dan pengelolan lingkungan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Pengumpulan data didapat melalui 3 cara: (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) tes ulangan harian. Jika pada siklus I hasil belajar siswa belum tuntas maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar ketuntasan klasikal pada ranah kognitif siklus I mencapai 65,00% dan pada siklus II mencapai 77,00% yaitu mengalami peningkatan sebesar 12,00%. Ranah psikomotorik siklus I mencapai 70,71%, pada ranah ini terdapat satu indikator yang mempunyai nilai rendah yaitu siswa kurang terampil dalam melaksanakan tugas proyek. Kelemahan indikator tersebut diperbaiki disiklus II sehingga peningkatannya mencapai 82,62% yaitu meningkat sebesar 11,91%. Sedangkan ranah afektif pada siklus I mencapai 69,04% indikator keaktifan siswa dalam mengerjakan LKPD, kecakapan dalam berdiskusi dan kesungguhan dalam menghargai teman mempunyai nilai rendah disiklus ini, hal tersebut diperbaiki pada siklus ke II sehingga peningkatannya mencapai 80,23% yaitu meningkat sebesar 11,19%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan portofolio Dapat Meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Islam Daerah Jenggawah ( sub pokok bahasan pelestarian ekosistem dan pengelolaan lingkungan) Beberapa saran dari hasil penelitian yang telah dilakukan ini adalah : Bagi Guru hendaknya penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan portofolio dapat dijadikan alternatif untuk diterapkan pada pembelajaran yang ada, agar siswa dapat memahami konsep biologi secara baik serta mempunyai kemampuan kognitif yang tinggi. Sedangkan bagi peneliti lain hendaknya melanjutkan penelitian model pembelajaran ini dengan memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran berbasis proyek, portofolio, Hasil Belajar Biologi | |||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | faidah Nurul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | faid4288@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2020 01:28 | |||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2020 01:29 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5637 |
Actions (login required)
View Item |