Resepsi Pemahaman Anak Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin

Utami, Dita Jasia (2020) Resepsi Pemahaman Anak Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Kartun Upin Dan Ipin. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (715kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (174kB)

Abstract

Pada masa globalisasi saat ini memang sangat diperlukan wacana tentang pendidikan karakter, mengingat persoalan moral yang terjadi di masyarakat. Mulai dari keserakahan dan ketidakjujuran hingga tindak kekerasan. Saat ini dunia perfilman semakin menjamur, baik di TV swasta maupun lokal, melalui internet kita dapat mengakses film yang semua bisa tesedia. Hal yang lebih menarik lagi adalah perdebatan dikalangan dewasa tentang film bagi anak-anak, karena melihat menu tayangan TV yang banyak pula memberikan efek negatif pada anak. Alasan peneliti memilih judul ini karena kurangnya pendidikan karakter untuk anak-anak di Indonesia, pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai tertentu bagi anak. Pembentukan karakter tersebut bisa dimulai dari lingkungan, jika lingkungan baik maka akan berdampak baik pula untuk anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan video film kartun Upin dan Ipin untuk mengetahui pemahaman anak terkait pendidikan karakter. Peneliti memilih film kartun Upin dan Ipin karena dalam film kartun ini mempunyai banyak pesan-pesan pendidikan yang baik untuk ditiru oleh anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan sumber data yaitu video kartun Upin-Ipin episode Ramadhan yang diambil melalui youtube, dan 5 anak di Dusun Curah Rejo. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner, dan teknik simak bebas libat cakap. Teknik kesahihan data yang digunakan melalui perpanjangan pengamatan, dan peningkatan ketekunan. Setelah melakukan penelitian telah ditemukan beberapa nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin. Hasil penelitian tersebut yaitu, nilai religius seperti berpuasa, sembahyang, menjalankan kebaikan pada saat bulan ramadhan, memohon ampunan pada Allah. Nilai pendidikan Toleransi yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin yaitu ada 5 diantaranya seperti, menghargai perbedaan orang yang tidak sama dengan diri kita, menghargai orang yang sedang sembahyang dengan tidak bermain petasan, dll. Cara mengaplikasikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film kartun Upin Ipin ke dalam kehidupan sehari-hari menurut anak-anak yaitu seperti, bersembahyang, berpuasa, tidak boleh mengganggu orang yang sedang sembahyang, dll. Dapat disimpulkan bahwa ke 5 anak dapat memahami pesan pendidikan karakter yang terdapat dalam film kartun Upin dan Ipin yaitu nilai religius dan toleransi. Film kartun tersebut mempunyai beberapa nilai pendidikan karakter yang sangat baik untuk di contoh oleh anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Utami Dita Jasia
Date Deposited: 17 Sep 2020 00:49
Last Modified: 17 Sep 2020 00:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5757

Actions (login required)

View Item View Item