Analisis Kinerja Teknologi Augmented Reality terhadap Media Pembelajaran Sayuran Berbasis Android

Tanjung, Ahmad Akbar (2017) Analisis Kinerja Teknologi Augmented Reality terhadap Media Pembelajaran Sayuran Berbasis Android. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf - Published Version

Download (755kB) | Preview

Abstract

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan objek maya atau virtual dengan lingkungan nyata. Aplikasi media pembelajaran sayuran menggunakan teknologi augmented reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis android. Dalam aplikasi ini terdapat objek sayuran 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender, dengan Unity 3D sebagai game engine dan Vuforia sebagai library. Cara penggunaanya adalah dengan mengarahkan kamera smartphone pada marker atau penanda yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D sayuran beserta nilai gizi dan manfaat sayuran yang dijelaskan menggunakan suara, dibantu dengan tombol yang akan mempermudah user dalam menggunakan aplikasi ini. Aplikasi augmented reality ini telah melalui proses pengujian, pengujian sistem pada perangkat android berbeda dan pengujian pendeteksian marker yang meliputi pengujian jarak, cahaya, sudut, warna dan oklusi. Hasil pengujian menunjukkan kamera dapat mengenali marker dengan jarak ideal 20cm - 30cm, cahaya ideal 100lx - <1000lx, sudut ideal 45o-90o, dapat tertutupi hingga 50%, dan gambar pada marker dapat diwarnai kecuali dengan warna hitam.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: Ahmad Akbar Tanjung (1310651209)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Unity3D, Vuforia
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 23 Aug 2018 00:49
Last Modified: 13 Sep 2019 09:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item