Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Di MA Annur Kalibaru

Hamidah, Siti (2020) Peran Guru Bahasa Indonesia Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural Di MA Annur Kalibaru. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (456kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (247kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (242kB)

Abstract

Keberagaman yang ada di Indonesia banyak menimbulkan kesalah pahaman pada masyarakat tertentu yang tidak mengerti tentang multikultural. Peran guru bahasa Indonesia sangat diharapkan untuk menerapkan pendidikan tersebut dalam pendidikan. Masalah penelitian ini adalah Bagaimana upaya guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural di MA Anuur Kalibaru, mengapa guru bahasa Indonesia harus menerapkan pendidikan multikultural di MA Annur Kalibaru, dan apa faktor penghambat dan pendukung guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural di MA Annur Kalibaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di MA Annur Kalibaru. Penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya guru dalam menerapkan adalah menggunakan metode teladan, pembelajaran dikelas, dan saat upacara bendera. Sangat penting bagi guru bahasa Indonesia dalam menerapkan pendidikan multikultural, karena untuk menjaga dari kesalahpahaman antar perbedaan hususnya pada ragam bahasa. Faktor penghambatnya adalah kurang dukungan orang tua dan masih terbiasa menggunakan bahasa daerah, faktor pendukungnya adalah kematangan dari peserta didik dan dukungan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: HAMIDAH SITI
Date Deposited: 19 Sep 2020 04:08
Last Modified: 19 Sep 2020 04:11
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/5805

Actions (login required)

View Item View Item