Deskriptif Metode Mengajar Mata Pelajaran Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Di Smk Muhammadiyah 4 Glenmore Tahun Ajaran 2018/2019

Halim, Abd (2019) Deskriptif Metode Mengajar Mata Pelajaran Islam Kemuhammadiyahan Dan Bahasa Arab (Ismuba) Di Smk Muhammadiyah 4 Glenmore Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (316kB)
[img] Text
1.Halaman Sampul.pdf

Download (446kB)
[img] Text
12.Abstrak Indonesia.pdf

Download (228kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (180kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Mengajar dengan mata pelajaran Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenyataan dimana guru-guru mata pelajaran Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa arab pada umumnya kurang memperhatikan pemilihan dan pemanfaatan metode yang tepat sesuai bahan pengajaran, sehingga siswa tidak tertarik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dan mengakibatkan tujuan pembelajaran tidak dapat tercapai dengan baik. Masalah penelitian ini adalah bagaimana metode mengajar mata pelajaran Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab dan bagaimana efektivitas metode mengajar mata pelajaran Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Metode mengajar adalah salah satu hal yang sangat mendasar untuk dipahami guru karena metode mengajar merupakan salah satu komponen bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Makin tepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar, maka makin efektif pula pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 10 November sampai 26 November 2018 di SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Peneliti menggunakan 2 metode dalam penelitiannya, yaitu wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrument penelitian menggunakan pedoman wawancara yang berisi pertanyaan kepada guru mata pelajaran Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 4 Glenmore. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, guru Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 4 Glenmore menggunakan metode yang bervariasi dalam kegiatan belajar mengajar. Diantaranya adalah metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas, metode praktek dan metode diskusi. Sedangkan metode mengajar tersebut sudah efektiv digunakan terhadap hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran islam kemuhammadiyahan dan bahasa arab di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 4 Glenmore tahun pelajaran 2018-2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDRofi, Sofyannidn0705078402
UNSPECIFIEDHuda, Hairulnidn0720018902
Date Deposited: 05 Oct 2020 01:33
Last Modified: 05 Oct 2020 01:33
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6118

Actions (login required)

View Item View Item