Analisis Perbandingan Algoritma C4.5 dan Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember)

Umam, M. Hairul (2017) Analisis Perbandingan Algoritma C4.5 dan Algoritma Naïve Bayes untuk Prediksi Kelulusan Mahasiswa (Studi Kasus : Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (792kB) | Preview
[img] Text
1. COVER - BW.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (365kB)

Abstract

Universitas Muhammadiyah Jember adalah jenjang pendidikan yang dianggap sebagai gerbang terakhir bagi pelajar untuk menimba ilmu sebelum akhirnya melibatkan diri dalam persaingan kerja. Jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu menjadi indikator efektifitas dari sebuah perguruan tinggi baik negeri dan swasta. Program Sarjana (S1) jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Jember adalah pendidikan akademik setelah pendidikan menengah, yang memiliki beban studi sekurang-kurangnya 144 SKS yang dijadwalkan untuk 8 (delapan) semester dan dapat di tempuh dalam waktu kurang dari 8 semester dan paling lama 10 semester. Penelitian dalam hal memprediksi kelulusan mahasiswa telah banyak dilakuka. C4.5 adalah satu dari sebagian algoritma dalam metode decition tree yang mengubah data menjadi pohon keputusan, kemudian dapat disimpulkan menjadi rule-rule. Sedangkan Naïve Bayes adalah metode yang menghitung probabilitas dari tingkat kemunculan data yang satu terhadap data yang lainnya. berdasarkan latar belakang tersebut peneliti bermaksut membandingkan dua metode tersebut yang akan di presentasikan untuk memprediksi kelulusan mahasiswa angkatan 2013. Berdasarkan hasil pengujian dengan mengukur kinerja kedua metode tersebut menggunakan metode pengujian Confusion Matrix dalam tool weka diketahui bahwa C4.5 memiliki nilai akurasi yang lebih baik yakni sebesar 100%, dengan akurasi 100%, Presisi 100% dan Recall 100%, sedangkan Naive Bayes memiliki nilai akurasi 89%, Presisi 94% dan Recall 100%. Kemudian berdasarkan perbandingan kinerja kedua metode tersebut, metode dengan pencapaian nilai akurasi terbaik akan presentasikan untuk pengujian prediksi kelulusan mahasiswa angkatan 2103. Sehingga di dapat hasil prediksi semakin meningkat pada angkatan 2013 dari evaluasi tahun – tahun sebelumnya Dengan jumlah lulus 144 mahasiswa dengan total mahasiswa angkatan 2013 sebanyank 263 mahasiswa, hasil ini dilihat dan di bandingkan dengan data historis angkatan 2010, 2011 dan 2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: C4.5, Naïve Bayes, Tool Weka, Prediksi Kelulusan Mahasiswa
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 27 Aug 2018 02:51
Last Modified: 13 Sep 2019 09:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/623

Actions (login required)

View Item View Item