Analisa Augmented Reality dalam Aplikasi Pengenalan Monumen Menggunakan Unity-3D



Iqbal, Muhammad (2017) Analisa Augmented Reality dalam Aplikasi Pengenalan Monumen Menggunakan Unity-3D. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of JURNAL.pdf]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Salah satu teknologi yang sudah banyak digunakan yaitu Augmented Reality (AR). Dalam penelitian ini penulis membahas sebuah aplikasi Augmented Reality yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Salah satu peran AR dalam dunia pendidikan yaitu pada proses peningkatan minat belajar. Sifat dari AR ini adalah membantu pengguna agar lebih mudah mengenal suatu objek atau benda dalam bentuk 3D, akan tetapi masih banyak orang awam yang belum mengetahui batasan-batasan dalam penggunaan AR. Untuk mendukung hal tersebut maka dibutuhkan aplikasi Augmented Reality yang mampu memberikan dukungan pada proses penelitian yang tepat. Proses penelitian AR ini dengan cara menggunakan tabel blackbox yang meliputi pengecekan tombol, jarak kamera, sudut, pencahayaan, putaran, oklusi, dan perangkat. Melihat permasalahan yang terjadi, penulis merancang sebuah aplikasi Augmented Reality dengan menggunakan metode waterfall. Penelitian dilakukan dengan mencari jarak minimum jangkauan kamera, sudut minimum jangkauan kamera, minimum intensitas cahaya terhadap marker pada tiga perangkat android yang akan menentukan alternatif yang optimal.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Arifianto, Deni
nidn1103588

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Augmented Reality, 3D, Android, waterfall
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Hendri UF | hendri@unmuhjember.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2018 08:20
Last Modified: 12 Sep 2019 09:44
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/635

Actions (login required)

View Item View Item