Implementasi Metode MOORA (Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) pada Penerimaan Beasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember Berbasis Web

Yanifa, Novia Reza (2017) Implementasi Metode MOORA (Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis) pada Penerimaan Beasiswa di Universitas Muhammadiyah Jember Berbasis Web. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img] Text
cover utama.pdf

Download (170kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Beasiswa adalah tunjangan biaya pendidikan pada setiap perguruan tinggi. Pada Universitas Muhammadiyah Jember terdapat beasiswa PPA(Peningkatan Prestasi Akademik) sebagai penunjang biaya pendidikannya. Beasiswa PPA ini merupakan beasiswa yang digunakan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi yang baik. Untuk mendapatkan beasiswa PPA ini, mahasiswa harus memiliki beberapa kriteria yang sudah ditentukan oleh DIKTI dan Universitas Muhammadiyah Jember. Sistem yang digunakan oleh pihak BAAK (Biro Administrasi Akademik) masih memanfaatkan microsoft excel. Pada penelitian sebelumnya, terdapat sistem yang menerapkan beberapa metode untuk membantu pihak BAAK dalam menentukan penerimaan beasiswa. Untuk membantu pihak BAAK dalam menyeleksi penerimaan beasiswa, maka dibuatlah sistem pendukung keputusan berbasis web. Metode yang digunakan adalah metode moora (Multi – Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis). Metode moora diimplementasikan pada sistem yang akan dibangun. Penerapan metode moora membutuhkan pembobotan pada setiap kriterianya. Aplikasi perangkat lunak yang digunakan sebagai penyimpanan data pada sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil akhirnya akan menampilkan nama dan nilai mahasiswa yang mendapatkan beasiswa. Akan ada pengukuran tingkat akurasi pada hasil yang diperoleh dari BAAK dan web. Hasil tingkat akurasi yang diperoleh yaitu 77,14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pendukung Keputusan, Moora, penerima beasiswa, aku
Subjects: 000 General Works > 004 Data Processing, Computer Science
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 28 Aug 2018 03:18
Last Modified: 13 Sep 2019 09:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item View Item