Pengaruh Berita Hoax Dimedia Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Pemilih Milenial Pada Pilpres 2019



Santoso, Budi (2019) Pengaruh Berita Hoax Dimedia Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Pemilih Milenial Pada Pilpres 2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemilih milenial adalah mereka yang terdiri dari generasi milenial dengan rentang usia 18 sampai 37 tahun. Penelitian ini dilakukan di didesa Sidodadi Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengemukakan beberapa masalah berkaitan dengan faktor apa saja yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku pemilih milenial, media sosial apa yang digunakan, dan efektifitas edukasi media secara langsung. Faktor pertama yang dapat berpengaruh dalam perubahan perilaku pemilih milenial antara lain, usia, tingkat pendidikan, pendapatan ekonomi. Faktor kedua adalah frekuensi berita hoax,konten berita hoax. Kemudian, efektifitas edukasi penggunaan media secara langsung yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun tokoh masyarakat dapat menjadi penyeimbang kemajuan teknologi informasi. Sasaran dalam penelitian ini tentu saja adalah generasi milenial, sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara terstruktur dengan menggunakan pedoman wawancara peneliti. Dalam penelitian ini telah dikaji apakah dengan adanya berita hoax di media sosial dapat mempengaruhi perubahan perilaku generasi milenial pada pilpres untuk memberikan hak suaranya.
Kata Kunci : Perubahan Perilaku, Pemilih Milenial, Pemilihan Umum, Berita
Hoax, Media Sosial, Pemilih Media.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Thamrin, Mohammad
nidn8817301019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 303 Social Process
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 16 Oct 2020 02:31
Last Modified: 16 Oct 2020 02:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6573

Actions (login required)

View Item View Item