Pengaruh Rasio Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern (Studi empiris pada perusahaan real estate dan property di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014)

Pratama, Fajrian Aulia (2016) Pengaruh Rasio Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Pemberian Opini Audit Going Concern (Studi empiris pada perusahaan real estate dan property di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio keuangan dan faktor non keuangan terhadap pemberian opini audit going concern. Hal yang dapat menjadi pertimbangan auditor untuk memberikan opini audit going concern dapat dengan melihat rasio keuangan perusahaan yang merupakan salah satu indikator keadaan keuangan suatu perusahaan dalam kondisi baik atau sebaliknya dan faktor- faktor non keuangan perusahaan seperti ukuran perusahaan dimana terdapat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa ukuran perusahaan yang lebih besar lebih kecil kemungkinan untuk menerima opini audit going concern dari pada perusahaan kecil, debt default yang merupakan indikator perusahaan dapat memenuhi hutangnya kepada kreditur atau tidak, dan kepemilikan perusahaan yang berkaitan dengan kinerja manajemen dalam menghadapi kesulitan keuangan. Penelitian ini dilakukan melaui penelusuran data sekunder dan dengan menggunakan 64 sampel dari daftar perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode tahun 2011 sampai dengan 2014. Analisis regresi logistik digunakan sebagai teknik dalam penelitian ini untuk menguji hipotesis. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis regresi logistik menunjukkan bahwa rasio aktivitas, opini audit tahun sebelumnya, rasio nilai pasar, rasio likuiditas, rasio profitabilitas, ukuran perusahaan, \\ kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap pemberian opini going concern. Sedangkan debt default berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Going Concern, Rasio aktivitas, Rasio Nilai Pasar, Rasio likuiditas, Rasio profitabilitas Ukuran Perusahaan, Debt Default, opini audit tahun sebelumnya
Subjects: 300 Social Science > 330 Economics
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Berlian Eka Kurnia
Date Deposited: 31 Mar 2018 02:50
Last Modified: 10 Oct 2019 08:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item