Wulandari, Desi (2019) Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (Penelitian Tindakan Kelas Pada Sub Pokok Bahasan Peluang Dikelas VIII A Semester 2 SMP Satya Dharma Balung Tahun Ajaran 2019/2020). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (441kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (963kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (411kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu yaitu dalam proses pembelajaran guru bidang studi matematika di SMP Satya Dharma Balung menggunakan metode ceramah. Kemudian guru memberikan latihan soal kepada siswa. Hal tersebut membuat siswa kesulitan dalam menyelesaikan sebuah soal latihan. Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan model pembelajaran yang tidak mmebosankan dan menyenangkan siswa agar dapat meningkatkan pemahaman konsep matamatika mereka. Masalah yang muncul dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi peluang siswa kelas VIII A SMP Satya Dharma Balung Jember?, (2) Bagaimana peningkatan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction pada materi peluang siswa kelas VIII A SMP Satya Dharma Balung Jember?, permasalahan itu pula yang menjadikan sebuah tujuan dalam penelitian ini yang dirangkum peneliti adalah untuk meningkatkan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Jenis penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada tanggal 22 Mei sampai dengan 1 Juni 2019 dikelas VIII A SMP Satya Dharma Balung. Peneliti menggunkaan empat metode pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan soal tes. Berdasarkan hasil yang diperoleh model pembelajaran problem based instruction dalam pembelajaran matematika pada sub pokok bahasan peluang juga mengalami peningkatan ini terlihat dari aktivitas siswa saat mengerjakan soal yang diberikan dan juga observasi yang dilakukan saat proses pembelajaran. Kesimpulannya adalah model pembelajaran problem based instruction pad sub pokok bahasan peluang terhadap pemahaman konsep matematika siswa dilihat dari kentuntasan pemahaman konsep matematika yaitu, siklus I presentase sebesar 90% dan siklus II presentase pemahaman konsep matematika sebesar 95,3%. Kata Kunci: kemampuan pemahaman konsep matematika, problem Based instruction.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 320 Political dan Government Science |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Social and Politics Science > Department of Government Science (S1) | |||||||||
Department: | S1 Ilmu Pemerintahan | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2020 05:02 | |||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2020 05:02 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6648 |
Actions (login required)
View Item |