ANALISIS KALIMAT MINOR PADA KOLOM KOMENTAR DI CHANNEL YOUTUBE CLOSING CEREMONY ASIAN GAMES 2018

Hairudin, Ahmad (2019) ANALISIS KALIMAT MINOR PADA KOLOM KOMENTAR DI CHANNEL YOUTUBE CLOSING CEREMONY ASIAN GAMES 2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (762kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hairudin, Ahmad. 2019. Analisis Kalimat Minor Pada Kolom Komentar di Channel YouTube Closing Ceremony Asian Games 2018. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Rofiatul Hima, SS, M.Hum. (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata Kunci: Kalimat minor, komentar, youtube. Kalimat minor merupakan salah satu bentuk kalimat yang hanya mengisi satu gatra atau satu bagian di dalam sebuah kalimat dan berintonasi final. Walaupun hanya mengisi satu gatra atau satu bagian di dalam kalimat, bentuk inipun sudah lengkap dari segi makna yang disampaikan. Komentar merupakan alat yang digunakan oleh seseorang untuk menilai sesuatu yang dipandang perlu, baik secara lisan maupun secara tertulis. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apa sajakah jenisjenis kalimat minor dan bagaimana struktur kalimat minor yang ada di dalam kolom komentar di Channel YouTube Closing Ceremony Asian Games 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa sajakah jenis-jenis kalimat minor dan bagaimanakah struktur kalimat minor. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data dalam penelitian ini ialah kalimat minor yang ada di dalam kolom komentar Channel YouTube Closing Ceremony Asian Games 2018. Teknik pengumpulan data adalah teknik sadap, dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap, & teknik catat. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama dan dibantu dengan tabel pengkodean data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh dianalisis dengan teknik pilah unsur penentu (PUP), hubung banding memperbedakan (HBB), hubung banding menyamakan hal pokok (HBSP), ( reduksi data, data display (penyajian data), dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa jenis kalimat minor yang ada di dalam kolom komentar di Channel YouTube Closing Ceremony Asian Games 2018 yaitu kalimat minor panggilan, seru, judul, semboyan, elips, urutan, dan marginal, dari jenis-jenis yang ditemukan kalimat serulah yang sering digunakan oleh warganet untuk berkomentar. Kemudian juga terdapat struktur kalimat minor yaitu (S), (P), (O), (S-P), (S-P-O), (S-P-Pel), (S-P-Ket), (S-P-O-Pel), dan (S-P-O-Ket) yang telah ditemukan oleh peneliti di dalam kalimat minor. Setelah proses penelitian dan analisis data yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti berpendapat berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat jenis-jenis kalimat minor dan struktur kalimat minor yang ada di dalam kolom komentar Channel YouTube Closing Ceremony Asian Games 2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHima, Rofiatulnidn0702058402
UNSPECIFIEDMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Date Deposited: 20 Oct 2020 05:24
Last Modified: 20 Oct 2020 05:24
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item