PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH LUAR BIASA BHAKTI PERTIWI KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2019-2020

Werdining Puspita Jati, Enggar (2019) PERANGKAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH LUAR BIASA BHAKTI PERTIWI KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 2019-2020. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (580kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I Fiks engs 1.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II fiks engs 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
BAB III fiks engs 1...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV first engs 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI firts eng 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] Text
BAB V first engs 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jati, Enggar, Werdining Puspita. 2019. Perangkat Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Luar Biasa Bhakti Pertiwi Kalibaru Kabupaten Banyuwangi Tahun 2019-2020. Skripsi, Program Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muham-madiyah Jember. Pembimbing: (1) Dina Merdeka Citraningrum, M.Pd. (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata kunci : Pembelajaran, Bahasa, Kurikulum. Pembelajaran bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang selalu ada disetiap jenjang pendidikan di sekolah-sekolah reguler maupun sekolah khusus seperti sekolah luar biasa (SLB). Pembelajaran bahasa Indonesia seperti di sekolah luar biasa (SLB) sangat penting dalam membantu perkembangan kemampuan berbahasa disetiap proses belajar mengajar pada anakanak berkebutuhan khusus yang memiliki berbagai karakter khusus berbeda-beda. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah luar biasa Bhakti Pertiwi Kalibaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perangkat pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan teknik evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru di sekolah luar biasa Bhakti Pertiwi Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah para guru, siswa, dan kepala sekolah di Sekolah Luar Biasa Bhakti Pertiwi. Tempat penelitian di Sekolah Luar Biasa Bhakti Pertiwi Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian adalah peneliti selaku instrumen utama, dan instrumen bantu berupa tabulasi data. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu kata-kata yang diperoleh dengan mengklarifikasi data, mendeskripsikan data, dan menyimpulkan data sesuai dengan jenis penelitian. Hasil analisis data menunjukkan penggunaan perangkat pembelajaran di sekolah tersebut juga menggunakan perangkat pembelajaran seperti RPP, silabus, prota, dan promes dalam mata pelajaran bahasa Indonesia sudah sesuai dengan kurikulum yang digunakan. Metode pembelajaran bahasa Indonesia yang diberikan guru masih menggunakan metode permainan/simulasi, metode ceramah, metode tanya jawab, maupun metode penugasan. Penggunaan media pembelajaran yang digunakan lebih memanfaatkan media di lingkungan sekitar siswa seperti buku-buku dan papan tulis. Dalam teknik evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang dipakai guru pada siswa berkebutuhan khusus masih sama dengan teknik evaluasi yang dipakai di sekolah reguler lain dengan penilaian yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan hal tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Luar Biasa Bhakti Pertiwi Kalibaru juga samadengan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah reguler lain menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 26 Oct 2020 02:02
Last Modified: 26 Oct 2020 02:02
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6766

Actions (login required)

View Item View Item