ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019



Anggraini, Novita Eka (2019) ANALISIS PENGGUNAAN RPP KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII-B DI SMPN 1 TEGALSARI TAHUN AJARAN 2018-2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Artikel.pdf] Text
Artikel.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[thumbnail of LAMPIRA1.pdf] Text
LAMPIRA1.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 1510221002.pdf] Text
1510221002.pdf

Download (188kB)

Abstract

Anggraini, Novita Eka. 2019. Analisis Penggunaan RPP Kurikulum 2013 dalam
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII-B di SMPN 1 Tegalsarai

Tahun Ajaran 2018-2019. Skripsi, Program Studi Pendididikan Bahasa

dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas

Muham-madiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M.Pd. (2) Dina

Merdeka Citraningrum, M.Pd.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengembangan, Implementasi

Peraturan perundang-undangan (permendikbud) menekankan tentang
pengembangan suatu kurikulum pendidikan di sekolah. Kurikulum pendidikan
dilaksanakan untuk mencapai standar yang diharapkan oleh pemerintah guna
untuk mencerdaskan kehidupan generasi bangsa. Kurikulum 2013 ini di terapkan
di Indonesia mengacu pada perannya sebagai penyempurna kurikulum yang
dirintis pada tahun-tahun sebelumnya dengan memperhatikan beberapa aspek
yang mendukung untuk pengembangan suatu kurikulum di lembaga sekolah.
Pengembangan kurikulum 2013 ini merupakan suatu bagian dari strategi
pembelajaran yang meningkatkan capaian dari suatu lembaga pendidikan
disekolah. Orientasi kurikulum 2013 dalam dunia pendidikan adalah terjadinya
peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan
(skill), dan pengetahuan (knowledge).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan RPP kurikulum
2013 dalam mata pelajarn bahasa Indonesia melalui pihak terkait yaitu guru
sebagai ujung tombak dari keterlaksanaanya pembelajaran di dalam sekolah. Jenis
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah guru
bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII-B SMPN 1 Tegalsari. Teknik pengumpulan
data ini menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Kemudian,
instrumen dalam penelitian ini berupa tabel wawancara dan tabel observasi. Datadata
yang
yang
di peroleh
akan
dianalisis
dengan
menggunakan
metode
penelitian

deskriptif
kualitatif
dengan
cara
data
yang
diperoleh
diinterpretasikan
dengan

membaca,
menemukan,
mengidentifikasi,
mengklarifikasi,
dan
menganalisis
data.

Hasil
analisis
data
menunjukan
bahwa
penggunaan
RPP
kurikulum
2013
dalam
proses
pembelajaran
sudah
menerapkan
Rencana
Pelaksanaan

Pembelajaran
dengan
baik
dan
benar
sesuai
dengan
RPP
yang
dijadikan
pedoman

oleh
guru.
Guru
sudah
menerapkan
implementasi
RPP
kurikulum
2013 yang

tercantum
dalam
RPP
bahasa
Indonesia
yang
meliputi
kegiatan
pendahuluan,

kegiatan
inti,
dan
kegiatan
penutup.
Kegiatan
pendahuluan
yaitu
diawali
dengan

kegiatan
berdoa,
menyiapkan
dan
mengkondisikan
siswa,
memberikan
atau

menyampaikan
motivasi
belajar
siswa,
mengajukan
pertanyaan
tentang
materi

sebelumnya,
menyampaikan
tujuan
pembelajaran,
dan
guru
menyampaikan

cakupan
materi
di depan
kelas.
kegiatan
inti
yaitu
meliputi
pendekatan
saintifik.

Dari
kedua
kegiatan
tersebut,
terdapat
satu kegiatan
dalam
implementasi
RPP

kurikulum
2013 yaitu
kegiatan
penutup,
kegiatan
ini
terdiri
dari
rangkaian

aktivitas
dan
hasil
pembelajaran,
pemberian
umpan
balik,
pemberian
tugas,
dan

penyampaian
materi
selanjutnya.
Selain
itu,
guru
dalam
implementasinya
juga

sebagai
pendidik yang
baik,
membelajarkan
dengan
benar,
membimbing
secara tertib, melatih dengan gigih, memberikan contoh yang teladan, meneliti sepenuh
hati, mengembangakan kreatifitas, dan menilai pembelajaran selama proses
pembelajaran berlangsung.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn0015086701
UNSPECIFIED
Citraningrum, Dina Merdeka
nidn0717088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:13
Last Modified: 19 Feb 2025 07:52
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6794

Actions (login required)

View Item View Item