ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Nurfitriah, Nurfitriah (2019) ANALISIS KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 1 CLURING BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (559kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (248kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Nurfitriah. 2019. Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Eka Nova Ali Vardani, M.Pd. (2) Dzarna, M.Pd. Kata Kunci: Pantun, Jumlah Suku Kata, Sampiran, Sajak, Baris Pantun merupakan puisi asli Indonesia yang sangat luas dikenal dalam bahasa Nusantara. Pantun terbagi atas dua bagian, yaitu bagian sampiran dan isi. Larik pertama dan kedua disebut sampiran, sedangkan larik ketiga dan keempat disebut isi. Larik sampiran ini mengandung tenaga pengimbau bagi pendengar atau pembaca untuk segera mendengar atau membaca larik ketiga dan keempat. Setiap bait terdiri atas empat baris. Jumlah suku kata tiap larik terdiri 8-12 suku kata. Pantun mempunyai sajak yaitu a-b-a-b. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimanakah kemampuan menulis pantun siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cluring-Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes/ penugasan dan teknik dokumentasi. Data-data yang yang di peroleh akan dianalisis dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan cara data yang diperoleh diinterpretasikan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukan bahwa siswa yang mampu menulis pantun yaitu berjumlah 26 siswa. Hal itu dikarenakan siswa mampu menuliskan pantun dengan jumlah suku kata tiap baris terdiri 8-12 suku kata. Sampiran mengandung tenaga pengimbau bagi pendengar atau pembaca. Pantun siswa bersajak a-b-a-b. Jumlah baris pantun siswa yaitu empat baris. Siswa yang kurang mampu menulis pantun yaitu sebanyak 3 siswa. Hal itu dikarenakan siswa menuliskan pantun dengan jumlah suku kata pada barisnya ada yang kurang dari 8 suku kata atau lebih dari 12 suku kata. Sampiran kurang mengandung tenaga pengimbau bagi pendengar atau pembaca. Pantun siswa tidak bersajak a-b-a-b. Tidak terdapat siswa tidak mampu menulis pantun berdasarkan ciri-ciri pantun. Berdasarkan hasil penelitian nilai siswa KKM (80) mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kompetensi menulis pantun siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019 tergolong mampu dalam menulis pantun berdasarkan ciri-ciri pantun..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDNOVA ALI VARDANI, EKAnidn0710118501
UNSPECIFIEDDZARNA, DZARNAnidn0701028802
Date Deposited: 27 Oct 2020 01:00
Last Modified: 27 Oct 2020 01:00
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item