Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berdasarkan Nilai Karakter Pada Materi Statistika Kelas Viii Smp Negeri 1 Arjasa

Dwi Harliyuni, Adidtiya (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berdasarkan Nilai Karakter Pada Materi Statistika Kelas Viii Smp Negeri 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (857kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Scientific, Nilai Karakter, Statistika. Latar belakang penelitian ini adalah dominasi guru pada saat pembelajaran sehingga peserta didik cenderung menjadi pasif dan tidak mandiri. Oleh sebab itu, dibutuhkan perangkat pembelajaran yang aktif berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk membantu peserta didik dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan interaksi, aktivitas, dan prestasi dalam belajar. Merosotnya nilai- nilai karakter generasi muda saat ini yang menyebabkan krisis moral, budi pekerti, tata nilai dan norma juga merupakan salah satu latar belakang dari penelitian ini. Masalah yang muncul dari penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pengembangan lembar kerja peserta didik matematika dengan pendekatan scientific berdasarkan nilai karakter pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa dan (2) bagaimanakah hasil pengembangan lembar kerja peserta didik matematika dengan pendekatan scientific berdasarkan nilai karakter pada materi statistika kelas VIII SMP Negeri 1 Arjasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan menghasilkan lembar kerja peseta didik dengan pendekatan scientific berdasarkan nilai karakter. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Peneliti menggunakan model 4D yang diungkapkan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974 yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminate). Desain uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain one shot case study (studi kasus satu kali tembak). Jenis data yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan kuantitaf. Instrumen dalam penelitian adalah lembar penilaian ahli, angket respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 11 Mei 2019 bertempat di SMP Negeri 1 Arjasa. Sasaran pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII/A SMP Negeri 1 Arjasa. Hasil penelitian yang diperoleh pada penguasaan belajar peserta didik menunjukkan nilai 83,3% dan respon peserta didik menunjukkan nilai 78,73% yakni baik. Sehingga aktivitas peserta didik dalam pembelajaran menjadi lebih baik dan aktif. Berdasarkan hasil tersebut, maka simpulan dari penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik dengan pendekatan scientific berdasarkan nilai karakter terbukti berhasil meningkatkan aktivitas pesera didik dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 02 Nov 2020 01:41
Last Modified: 02 Nov 2020 01:41
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item View Item