ANALISIS STRUKTUR IKLAN KUE “ASIX” DAN “MALANG STRUDEL”

Windu Rusianti, Vindi (2019) ANALISIS STRUKTUR IKLAN KUE “ASIX” DAN “MALANG STRUDEL”. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
BAB II ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
BAB I ok.pdf

Download (380kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (234kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (603kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
MALANG STRUDEL 1.pdf

Download (140kB)
[img] Text
BAB III ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text
BAB V ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV ok.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Rusianti, Vindi. Windu. 2019. Analisis Struktur Iklan Kue “ASIX” dan “Malang Strudel”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Yerry Mijianti, S.S, M.Pd. (2) Rofiatul Hima, M.Hum. Kata Kunci: Wacana, Struktur Iklan, Kue ASIX, Malang Strudel, Instagram. Iklan merupakan satu bagian dimana wacana banyak ditemukan dalam kalimat dari pesan yang eksplisit maupun pesan yang implisit. Iklan dapat kita temukan diberbagai media, berupa cetak maupun media masa yang memiliki kreatifitas wacana yang menarik perhatian khalayak. Seperti di media sosial Instagram, iklan dapat ditemukan berupa tulisan yang terdapat pada postingan yang disebut keterangan seperti iklan kue milik artis Indonesia. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana struktur iklan pada kue artis Indonesia. Artis tersebut meliputi keluarga Anang Hermansyah dan Keluarga Teuku Wisnu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan struktur iklan kue milik keluarga Anang Hermansyah dan keluarga Teuku Wisnu. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini berupa kata, kalimat, dan paragraph yang diduga sebagai struktur iklan pada iklan kue artis keluarga Anang Hermansyah dan keluarga Teuku Wisnu. Sumber data penelitian ini adalah iklan yang terdapat di postingan akun Instagram @kueasix.id dan @strudelmalang. Waktu penelitian ini dibutuhkan 3 bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik menyimak, dan dibantu dengan instrumen tabel data. Instrumen pengumpulan data berupa tabel untuk memilah struktur iklan. Teknik penganalisisan data menggunkan teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Hasil dari penelitian ini terdapat Struktur iklan kue milik artis Indonesia keluarga Anang Hermansyah yang bernama kue ASIX dengan akun Instagram @kueasix.id. Iklan kue tersebut memiliki pola struktur iklan seperti butir utama, badan iklan, dan penutup iklan; badan iklan dan penutup iklan; butir utama dan penutup iklan; butir utama dan badan iklan. Pola struktur tersebut tidak berurutan serta struktur iklan yang tidak lengkap. Struktur iklan kue milik artis Indonesia keluarga Teuku Wisnu yang bernama kue Malang Strudel dengan akun Instagram @strudelmalang memiliki pola struktur iklan. Pola yang peneliti temukan yaitu butir utama, badan iklan, dan penutup iklan. Namun, pada iklan tersebut penempatan kalimat yang merupakan struktur iklan tidak berurutan seperti badan iklan, penutup iklan dan butir utama; badan iklan, butir utama dan penutup iklan. Sehingga struktur iklan kue Malang Strudel memiliki kelengkapan iklan yang benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:21
Last Modified: 02 Nov 2020 04:21
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6876

Actions (login required)

View Item View Item