Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Siswa Smp Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Arjasa

Aulia, Nurma (2019) Pengaruh Pemberian Kuis Terhadap Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri (Teori Van Hiele) Siswa Smp Kelas Vii Di Smp Negeri 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (447kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (348kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sebagian besar siswa masih kurang menguasi dan masih banyak mengalami kesulitan belajar materi geometri salah satunya dilihat dari siswa yang tidak bisa menyebutkan banyaknya sisi yang ada di bangun datar ataupun di bangun ruang, dengan demikian prestasi siswa dalam materi geometri masih belum memuaskan.(Ikhsan, 2008. hal.978) mengatakan geometri menempati posisi yang paling memprihatikan diantara cabang matematika yaitu prestasi belajarnya paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Adanya Perbedaan tingkat kemampuan berpikir geometri siswa diantara kelas yang diberikan kuis dan yang tidak diberikan kuis. (2). Manakah yang lebih baik tingkat kemampuan berpikir geometri diantara kelas yang diberikan kuis dan yang tidak diberikan kuis pada sub pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Arjasa kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Kelas VII D sebagai Kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Instrumen penelitiannya adalah soal tes uraian. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tidak adanya perbedaan hasil pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung<ttabel yaitu -1.153 < 2,006, Sedangkan dari hasil posttest yaitu thitung>ttabel yaitu 2,651 > 2,006 (menggunakan uji t-dua pihak), untuk pengujian hipotesis kedua nilai thitung<ttabel yaitu 2,651 > 1,708 (menggunakan uji t-satu pihak) dengan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 81,54 kelas eksperimen dan 74,64 kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan berpikir geometri siswa yang diberikan kuis dan yang tidak diberikan kuis pada sub pokok bahasan segiempat di SMP Negeri 1 Arjasa kelas VII dan tingkat kemampuan berpikir geometri siswa yang diberikan kuis lebih baik dari pada tingkat kemampuan berpikir geometri siswa tanpa diberikan kuis . Kata Kunci : Pemberian Kuis, Tingkat Kemampuan Berpikir Geometri (Teori Van Hiele).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari
Date Deposited: 04 Nov 2020 02:05
Last Modified: 04 Nov 2020 02:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item