PENGELOMPOKAN KARAKTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus MTs Arrohman Kedung Langkap Kencong)



Andriani, Oktafia Riana (2020) PENGELOMPOKAN KARAKTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING (Studi Kasus MTs Arrohman Kedung Langkap Kencong). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of LEMBAR ORISINALITAS.pdf] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter pada dasarnya adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk membangun karakter siswa. Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Dengan perbedaan karakter yang dimiliki siswa akan muncul permasalahan di dalam kelas, salah satunya yaitu sulitnya proses belajar karena materi yang akan diberikan kepada siswa juga berbeda. Sehingga pengelompokan siswa dengan karakter yang serupa merupakan hal yang penting dalam rangka meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Di MTs Arrohman Kedung Langkap Kencong telah dilakukan penilaian karakter terhadap siswanya dengan beberapa atribut penilaian. Dari hasil penilaian tersebut dapat dilakukan pengelompokan karakter siswa yang serupa untuk meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Salah satu algoritma yang dapat dilakukan untuk pengelompokan karakter siswa ini adalah algoritma K-Means Clustering. Terdapat 6 atribut yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jujur, disiplin, peduli, kreatif, tanggung jawab dan percaya diri. Data yang digunakan sebanyak 130 data siswa yang terbagi dalam kelas VII, VIII, dan IX. Hasil pengujian data berdasarkan kelas menghasilkan cluster terbaik setiap kelas yang dihitung menggunakan RapidMiner dan didapatkan nilai DBI sebagai berikut : kelas VII cluster terbaik yaitu 3 cluster (cluster 1 terdapat 27 siswa, cluster 2 terdapat 9 siswa, dan cluster 3 terdapat 15 siswa) dengan nilai DBI sebesar 0,822. Selanjutnya kelas VIII cluster terbaik yaitu 2 cluster (cluster 1 terdapat 35 siswa, dan cluster 2 terdapat 17 siswa) dengan nilai DBI sebesar 0,714. Dan kelas IX cluster terbaik yaitu 2 cluster (cluster 1 terdapat 20 siswa, dan cluster 2 terdapat 7 siswa) dengan nilai DBI sebesar 0,716.

Kata kunci : Data Mining, K-Means, pendidikan karakter.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Nilogiri, Agung
003 003 7701
UNSPECIFIED
Arifianto, Deni
071 806 8103

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 622 Mining and Related Operations
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: Oktafia Riana Andriani | oktafiaandriani1996@gmail.com
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:47
Last Modified: 05 Nov 2020 00:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6899

Actions (login required)

View Item View Item