(peer review + similitary)PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA ANAK TK NEGERI PEMBINA USIA 4 TAHUN

edi, Hasan Suaedi (2016) (peer review + similitary)PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA ANAK TK NEGERI PEMBINA USIA 4 TAHUN. belajar bahasa fkip unmuh jember.

[img] Text
Pemerolehan Bahasa Kedua Anak 4 Tahun.pdf

Download (625kB)

Abstract

Pemerolehan bahasa kedua merupakan suatu kajian bahasa formal dalam pembelajaran bahasa. Berbeda dengan pemerolehan bahasa pertama. Pada pemerolehan bahasa pertama anak belajar di bawah sadar melalui bahasa orangorang terdekatnya, misalnya ibu dan bapak. Pemerolehan bahasa kedua sebagai kegiatan belajar bahasa formal anak-anak TK Negeri Pembina dilakukan melalui berbagai kegiatan, yaitu bercerita, bergambar, dan bermain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan percakapan selama pembelajaran formal berlangsung. Produksi bahasa anak TK Negeri Pembina usia 4 tahun memunculkan enam jenis kata, yaitu (a) nominal, (b) verba, (c) adverbia, (d) pronomina, (e) adjektiva, dan (f) numeral. Penggunaan jenis kata yang paling banyak adalah penggunaan kata nominal. Kemudian pada jenis kalimat, produksi bahasa yang banyak dimunculkan adalah kalimat tanya dalam konteks pembelajaran. Selanjutnya pemakaian kata ganti pronomina telah sesuai dengan kaidah. Anak paud usia 4 tahun sudah dapat membedakan pemakaian kata ganti pronomina baik kepada guru, pronomina tunggal, dan pronomina jamak. Kata Kunci: PB 2, kata, kalimat

Item Type: Peer Review
Uncontrolled Keywords: PB 2, kata, kalimat, pronominal
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1 - Undergraduate Thesis)
Depositing User: Suaedi Hasan
Date Deposited: 11 Nov 2020 01:29
Last Modified: 11 Nov 2020 01:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6956

Actions (login required)

View Item View Item