(peer review + similitary)ANALISIS PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
edi, Hasan Suaedi (2018) (peer review + similitary)ANALISIS PERCAKAPAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. belajar bahasa fkip unmuh jember.
![]() |
Text
ANALISIS PERCAKAPAN GURU DAN SISWA.pdf Download (656kB) |
Abstract
Percakapan guru dan siswa dalam konteks pembelajaran sangat penting. Dikatakan
penting, karena percakapan tersebut dapat menunjang pemahaman siswa terhadap
materi pelajaran. Oleh karena itu, guru seharusnya menggunakan bahasa yang mudah
dipahami oleh siswa. Salah satu cara menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan
menerapkan maksim kerja sama (PK). Penggunaan maksim kerja sama mempermudah
mitra tutur memahami maksud yang dituturkan. Fokus kajian ini mengkaji penerapan dan
pelanggaran maksim. Adapun maksim yang dikaji, yaitu (a) penerapan maksim kualitas, (b)
penerapan maksim kuantitas, (c) pelanggaran maksim kualitas, dan (d) pelanggaran
maksim kuantitas. Metode kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan
percakapan selama pembelajaran formal berlangsung. Sumber data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Jember. Kemudian data yang digunakan
dalam penelitian ini berupa tuturan guru dan siswa. Data tersebut difokuskan pada
tuturan yang menerapkan dan melanggar maksim kualitas dan kuantitas. Adapun
prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa pemakaian tuturan guru dan siswa.
Pertama, maksim kualitas dalam percakapan guru dan siswa diterapkan melalui dua
tuturan, yaitu (a) tuturan interogatif dan (b) tuturan perintah. Kedua, penerapan maksim
kuantitas percakapan guru dan siswa juga diterapkan melalui dua tuturan, yaitu (a)
tuturan persetujuan dan (b) tuturan menawarkan. Ketiga, tidak terdapat pelanggaran
maksim kualitas pada tuturan guru dan siswa. Keempat, pelanggaran maksim kuantitas
diterapkan melalui tuturan menjelaskan tugas.
[error in script]
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | tuturan guru dan siswa, maksim kualitas dan kuantitas. |
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | Suaedi Hasan | hasansuaedi@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 01:25 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 01:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |