Romlah Andaru Putri, Siti (2019) Pengaruh Pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Arjasa. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (444kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (413kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (301kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (379kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (846kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (567kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kata Kunci:Pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise), Pemahaman Konsep Mtematika. Latar belakang penelitian ini diantaranya karena adanya pemahaman konsep matematika siswa yang relatif rendah. Disebabkan karena pembelajaran yang diterapkan guru ialah dengan langsung memberikan rumus-rumus serta contoh-contoh yang berkaitan dengan materi yang diajarkan tanpa memberikan pemahaman konsep terlebih dahulu. Maka dengan adanya pemahaman konsep terdahulu siswa akan materi yang diajarkan, dan juga diperlukan suatu pendekatan dalam pembelajaran yaitu pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise). Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Apakah ada pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa? (2). Seberapa besar pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Pelaksanan penelitian yaitu pada 15 s.d 21 juni 2019. Penelii mengguakan 2 pengumpulan data diantaranya, tes uraian dan dokumentasi. Istrumen yang digunakan adalah tes uraian. Tes tersebut diuji terlebih dahulu sebelum diterapkan ke siswa yaitu uji validitas, reliabilitas, daya, pembeda, dan tingkat kesukaran. Sedang untuk penganalisisan data yaitu uji prasyarat (uji Normalitas, linieritas regresi, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh nilai sig nilai sig = 0,016, karena uji dua sisi, maka α –nya dibagi dua, sehingga nilai α = 0,05/2 = 0,025. Sehingga dapat dituliskan sig 0,016 ≤ 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa.dan besar pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa ialah sebesar 20,4% Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa dan besarnya pengaruh pendekatan ACE (Activities, Class Discussion, Exercise) terhadap pemahaman konsep matematika siswa ialah sebasar 20,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2020 06:16 | |||||||||
Last Modified: | 17 Nov 2020 06:16 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/6993 |
Actions (login required)
View Item |