PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER



Fitria Dewi, Alfina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of JURNAL PENELITIAN.pdf] Text
JURNAL PENELITIAN.pdf

Download (636kB)
[thumbnail of 13 abstrak.pdf] Text
13 abstrak.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of cover depan.pdf] Text
cover depan.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (715kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Lampiran 1. matrik.pdf] Text
Lampiran 1. matrik.pdf

Download (260kB)

Abstract

Dewi, Alfina Fitria. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict,
Observe, Explain) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berfikir Kritis
Siswa Kelas X MAN 2 Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA,
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing: (1) Dr. Kukuh Munandar, M.Kes.

Kata Kunci: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Hasil
Belajar Siswa, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.

Kurikulum 2013 terdapat beberapa penyempurnaan dari KTSP yaitu
penyempurnaan pola pikir. Salah satu penyempurnaan pola pikir adalah
pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari serta menjadi
pembelajaran berfikir kritis. Siswa SMA dalam pembelajaran biologi harus dapat
mengajukan sebuah hipotesis, mengamati, mengumpulkan, mengolah,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Proses belajar yang baik apabila guru
dapat menerapkan kegiatan belajar yang dapat mengembangkan keterampilan
berfikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember.
Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tanggal 18 April 2019,
penelitian dilakukan di kelas X IPA I dan IPA II. Jenis penelitian merupakan
eksperimen kuasi, dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji Kruskal Wallis Test untuk pengujian
hipotesis.
Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa probilitas
adalah 0,00 < α = 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan
model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa
di kelas X IPA II MAN 2 Jember. Hasil data ini dilihat dari perbedaan nilai ratarata
soal
posttest
antara
kelas
kontrol dan
kelas
eksperimen,
yaitu
pada
kelas

kontrol
memperoleh
rata-rata
sebesar
77,47
dan
kelas
eksperimen
sebesar
82

untuk
hasil
belajar
kognitif
siswa.
Sedangkan
nilai
rata-rata
pretest
untuk

kemampuan
berfikir
kritis
siswa

kelas
kontrol memperoleh
rata-rata
sebesar

71,23
dan
kelas
eksperimen
sebesar
79,3.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Munandar, Kukuh Munandar
nidn0014116401

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 23 Nov 2020 02:41
Last Modified: 23 Nov 2020 02:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7000

Actions (login required)

View Item View Item