PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER
Fitria Dewi, Alfina (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
JURNAL PENELITIAN.pdf Download (636kB) |
|
Text
13 abstrak.pdf Download (348kB) |
|
Text
awalan.pdf Download (288kB) |
|
Text
cover depan.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (364kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (715kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (422kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (352kB) |
|
Text
Lampiran 1. matrik.pdf Download (260kB) |
Abstract
Dewi, Alfina Fitria. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict,
Observe, Explain) terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Berfikir Kritis
Siswa Kelas X MAN 2 Jember. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA,
Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember.
Pembimbing: (1) Dr. Kukuh Munandar, M.Kes.
Kata Kunci: Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain), Hasil
Belajar Siswa, Kemampuan Berfikir Kritis Siswa.
Kurikulum 2013 terdapat beberapa penyempurnaan dari KTSP yaitu
penyempurnaan pola pikir. Salah satu penyempurnaan pola pikir adalah
pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari serta menjadi
pembelajaran berfikir kritis. Siswa SMA dalam pembelajaran biologi harus dapat
mengajukan sebuah hipotesis, mengamati, mengumpulkan, mengolah,
menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Proses belajar yang baik apabila guru
dapat menerapkan kegiatan belajar yang dapat mengembangkan keterampilan
berfikir kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran yang tepat.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa di
MAN 2 Jember.
Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Jember pada tanggal 18 April 2019,
penelitian dilakukan di kelas X IPA I dan IPA II. Jenis penelitian merupakan
eksperimen kuasi, dengan teknik pengumpulan data meliputi: wawancara,
observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji Kruskal Wallis Test untuk pengujian
hipotesis.
Berdasarkan hasil uji Kruskal Wallis menunjukkan bahwa probilitas
adalah 0,00 < α = 0,05, artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan
model pembelajaran POE terhadap hasil belajar kognitif dan berfikir kritis siswa
di kelas X IPA II MAN 2 Jember. Hasil data ini dilihat dari perbedaan nilai ratarata
soal
posttest
antara
kelas
kontrol dan
kelas
eksperimen,
yaitu
pada
kelas
kontrol
memperoleh
rata-rata
sebesar
77,47
dan
kelas
eksperimen
sebesar
82
untuk
hasil
belajar
kognitif
siswa.
Sedangkan
nilai
rata-rata
pretest
untuk
kemampuan
berfikir
kritis
siswa
kelas
kontrol memperoleh
rata-rata
sebesar
71,23
dan
kelas
eksperimen
sebesar
79,3.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDMunandar, Kukuh Munandarnidn0014116401
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Nov 2020 02:41 |
Last Modified: | 23 Nov 2020 02:45 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |